Puting Beliung Terjang Kota Praya

Praya (Suara NTB) – Hujan deras disertai angin puting beliung, Selasa, 8 November 2016 siang, menerjang Kota Praya. Belasan pohon tumbang di sejumlah lokasi di ibukota Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) ini. Beruntung, tidak ada korban jiwa atau luka yang dilaporkan hingga saat ini, akibat terjangan angin kencang tersebut.

Pantauan Suara NTB, kondisi paling parah terjadi sekitar jalan Basuki Rachmat Praya. Di sepanjang jalur tersebut, setidaknya ada empat pohon besar tumbang hingga menutupi jalan. Bahkan salah satu pohon besar, menimpa pos penjagaan Satlantas Polres Loteng. Meskipun tidak sampai menimbulkan kerusakan parah.

Sejumlah warga mengaku, angin mulai bertiup sekitar pukul 14.30 wita. Saat itu, hujan belum turun. Angin kencang mulai bertiup bersamaan dengan hujan lebat. Kekencangan tiupan angin membuat warga setempat panik. Benar saja, tidak lama berselang satu demi satu pohon besar yang ada di jalan Basuki Rahmat tumbang.

Baca juga:  Pathul Fokus Cari Parpol Koalisi dan Pendamping

Termasuk, pohon besar di depan pendopo Bupati Loteng dan di depan pos penjagaan Satlantas Polres Loteng. “Saat itu angin begitu kencang. Saking kencangnya, angin terlihat berwarna putih saat pohon mulai tumbang,” aku Lalu Andi. Saat kejadian berlangsung, kondisi lalu lintas tengah sepi.

Sekitar satu jam kemudian, hujan baru mulai reda. Warga dibantu aparat kepolisian mulai bergerak membersihkan pohon yang tumbang dengan alat seadanya. Jalur lalu lintas di jalan tersebut pun terpaksa ditutup sementara waktu. Karena kondisi jalan tertutup batang pohon yang tumbang.

Tidak lama berselang, sejumlah alat berat didatangkan oleh Dinas PU dan ESDM Loteng untuk membantu membersihkan batang pohon yang berukuran besar yang menuntupi jalan.

Baca juga:  Belasan Penerima PKH di Loteng Keluar Secara Sukarela

“Jalannya terpaksa kita tutup dulu, lantaran tertutup pohon,” aku salah seorang anggota Satlantas Polres Loteng.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Loteng, L. Nurpuri, mengaku mendapat laporan adanya pohon tumbang. Akibat terjangan angin kencang yang terjadi. Dan, itu terjadi bukan di satu titik. Tetapi menyebar di beberapa lokasi di Kota Praya.

Hanya saja pihaknya belum bisa memastikan jumlah pohon yang tumbang. Termasuk kemungkinan adanya kerugian material dari musibah tersebut. “Masih kita data dulu, sesuai laporan yang masuk,” sebutnya.

Saat ini pihaknya masih fokus membantu membersihkan sisa batang pohon yang tumbang disejumlah lokasi. Supaya tidak sampai mengganggu aktivitas masyarakat. “Rata-rata pohon yang tumbang, pohon tua dan berukuran besar,” tegas mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Loteng ini. (kir)