Serapan Anggaran Dinas PU KSB Masih Minim

Taliwang (Suara NTB) – Komisi III DPRD Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mendorong Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat memaksimalkan kinerjanya, mengingat sejauh ini realisasi kegiatan fisik dan daya serap anggaran dinas tersebut masih di bawah 50 persen.

Ketua Komisi III DPRD KSB Dinata Putrawan, ST mengatakan, hasil evaluasi pihaknya dengan Dinas PU menemukan masih rendahnya realisasi kegiatan fisik dan keuangan instansi tersebut. “Kami kira ini perlu digenjot karena sekarang sudah bulan Oktober,” terangnya kepada media ini, Jumat, 7 Oktober 2016.

Dari penjelasan pihak Dinas PU, Dinata menyebutkan, realisasi kegiatan fisik dan keuangan itu saat ini terus berproses. Namun demikian, Komisi III tetap berharap, akselerasinya dapat maksimal digenjot karena waktu efektif untuk menuntaskannya tersisa sekitar 2,5 bulan lagi. “Sekarang sudah Oktober. Tutup buku kita kan minggu ketiga bulan Desember. Artinya waktu semakin mepet sekarang ini,” cetusnya.

Dari seluruh program kegiatan yang dianggarkan tahun ini. Dinas PU telah menyelesaikan seluruh kegiatan yang dilaksanakan melalui proses tender. Hanya saja untuk kegiatan program Pekerjaan Langsung (PL) masih ada yang berproses. Terkait hal ini Dinata mengatakan, pihaknya telah menyarankan kepada Dinas PU untuk mempercepat penunjukan mitra pelaksananya. “Paket PL di Dinas PU yang dianggarkan di APBDP tahun ini lumayan banyak. Dan penjelasan mereka kemarin, masih ada yang belum tanda tangan kontrak katanya. Ini persoalan juga menurut kami,” ujarnya.

Selain menyarankan mempercepat penunjukan mitra kerja yang akan melaksanakan kegiatan PL tersebut. Komisi III tetap meminta Dinas PU berhati-hati. Sejumlah hal diminta untuk tetap diperhatikan, mulai dari sisa waktu untuk penyelesaian pekerjaan, ketersediaan alat, kondisi cuaca dan hal-hal lainnya yang berpotensi menjadi penghalang penyelesaian kegiatan fisik yang akan dilaksanakan.

  DPRD KSB Bahas APBDP di Bulan Puasa

 Dinata mengatakan, pihaknya juga kembali mengingatkan kepada Dinas PU agar paket pekerjaan yang dilaksanakan melalui prosedur tender agar bisa diselesaikan tepat waktu.

“Kita akan kroscek. Apa benar laporan dinas sudah sesuai dengan realisasi di lapangan,” imbuhnya. (bug)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here