Rp 5 Miliar Disiapkan Untuk Perbaikan Jalan Diterminal Tente

Bima (Suara NTB) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Bima, Ir. H. Nggempo, ST, MT memastikan jalan lintas Tente-Langgudu yang dikeluhkan oleh warga desa Tente Kecamatan untuk diperbaiki beberapa waktu lalu, akan mulai dikerjakan dalam waktu dekat. Anggaran sebesar Rp 5 miliar dari APBD perubahan telah disiapkan untuk itu.

“Soal jalan di depan Terminal Tente Kecamatan Woha kita sudah siapkan dana sebesar Rp 5 miliar, dan bulan ini akan mulai dikerjakan,” ucapnya kepada Suara NTB, di kantor DPU setempat, Selasa, 10 Oktober 2016.

Dia mengatakan, saat ini prosesnya masih dilelang. Sembari menanti selesai pelelangan, pihaknya terus menyosialisasikan kepada warga dengan menggandeng Pemerintah Kecamatan Woha dan Pemerintahan Desa Tente.

Baca juga:  Talud Diperbaiki, Pemprov Perlebar Jalan Gunungsari - Pemenang 2020

“Masih menunggu selesai dilelang, kami juga terus menyosialisasikan agar warga tahu,” katanya.

Bagaimana dengan tempo dua minggu yang diminta oleh warga? Mengenai hal itu Nggempo belum bisa memastikan kapan mulai dikerjakan. Akan tetapi ia menegaskan jalan tersebut akan dikerjakan dalam bulan ini.

“Saya tidak bisa pastikan dua minggu ini dikerjakan, tapi yang penting uangnya ada. Artinya jalannya akan diperbaiki,” ujarnya.

Nggempo menyesalkan aksi blokir jalan dilakukan warga Tente beberapa waktu lalu, yakni dengan cara memasukan tanah, tumpukan sampah dan ditanami beberapa pohon pisang. Menurutnya langkah tersebut sangat bertentangan dengan aturan.

“Apapun masalahnya tidak diperbolehkan memblokir, karena jalan digunakan untuk kepentingan umum. Kami berharap aksi blokir tidak akan terjadi lagi,” pungkasnya.

Baca juga:  Talud Diperbaiki, Pemprov Perlebar Jalan Gunungsari - Pemenang 2020

Seperti diberitakan sebelumnya, jalan lintas Tente-Langgudu, tepatnya di depan terminal Tente Kecamatan Woha, diblokir dan ditanami pohon pisang oleh warga selama dua hari sejak Kamis, 6 Oktober 2016. Kemudian pada Sabtu, 8 Oktober 2016 pagi kembali dibuka.

Dibukanya jalan itu lantaran ada kesepakatan, antara warga dengan Pemerintah daerah yang diwakili Kesbangpol dan Camat Woha, Drs Dahlan, yang disaksikan oleh Kapolsek Woha, Ipda Salahuddin, jalan sepanjang satu kilometer yang rusak dan berlubang itu akan segera diperbaiki.

“Jalan kembali dibuka atas dasar kesepatan warga dengan pemerintah. Kalau selama dua minggu belum juga diperbaiki, kami akan kembali melakukan pemblokiran,” kata Warga Tente, Irman. (uki)