Lagi, Polisi Amankan Truk Bermuatan Kayu

Taliwang (Suara NTB) – Polres Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mengamankan satu unit dump truck bermuatan kayu yang diduga kuat hasil pembalakan liar (illegal logging).

Kapolres Sumbawa Barat yang dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim Iptu I Putu Agus Indra Permana, S.IK, Kamis, 22 September 2016 menyebutkan, truk tersebut berhasil diamankan petugas di jalan raya Bangkat Monteh, Kecamatan Brang Rea, lantaran merasa curiga dengan muatan truk. Pihaknya kemudian melakukan pengecekan terhadap sopir serta kayu yang berada di atas truk ini. Ternyata kayu yang diangkut tersebut tidak dilengkapi  dokumen resmi. Baik itu dari kehutanan maupun dari kepala desa setempat. Pihaknya kemudian membawa truk tersebut ke Polres untuk dilakukan pemeriksaan.

“Kita sudah amankan sopir yang berinisial I (41) yang beralamat di Desa Tepas Sepakat,” ungkapnya.

Disebutkannya,  dari dalam truk tersebut, pihaknya berhasil mengamankan kayu reng sebanyak 140 batang dengan jenis krimas dengan panjang 4 meter. Selain itu, pihaknya juga mengamankan kayu papan sekitar 25 batang. Bahkan pihaknya juga masih menemukan jumlah kayu yang lain yang belum sempat diangkut oleh sopir.

“Kasus ini masih dalam tahap penyelidikan. Mengingat pihaknya masih menunggu dari kehutanan. Apakah kayu tersebut dari kawasan hutan atau kebun masyarakat,” ungkapnya.

Dia menyebutkan, hasil pemeriksaan sementara terhadap sopir, tidak diketahui pemilik kayu tersebut. Kayu-kayu tersebut hanya disuruh ambil oleh seseorang di pinggir jalan di Desa Rarak Ronges untuk membawa serta menjual kayu ini.

Aparat Polres kemudian mengajak sopir ini ke TKP serta bertemu dengan kepala desa setempat. “Kita sudah kantongi namanya (terduga pemilik kayu), tinggal kesediannya saja untuk memberikan klarifikasi di Polres,” ungkapnya.  (ils)