MTQN 2016, NTB Raih Peringkat Empat Besar Nasional

Mataram (suarantb.com) – NTB berhasil meraih peringkat empat besar nasional dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 tahun 2016. Kafilah NTB berhasil mengumpulkan 10 buah medali dari sejumlah cabang yang dilombakan.

Hal tersebut terlihat dari hasil pengumuman para juara yang disampaikan Ketua Dewan Hakim , Prof. Dr. H. Said Agil Hussein Al Munawar, MA pada acara penutupan  MTQ Nasional ke-26 tahun 2016 di Islamic Center Kota Mataram, Sabtu, 6 Agustus 2016 malam. Dalam ajang MTQ Nasional tahun ini, juara umum diraih oleh Provinsi Banten.

“Urutan 10 peringkat terbaik adalah Banten, DKI Jakarta, Kepri, NTB, Jateng, Riau, Sumbar, Aceh, Papua Barat dan  Jawa Barat,” kata Said Agil pada saat membacakan keputusan dewan hakim.

syifa
Syifa Fadiyah Maulida

Kafilah NTB berhasil meraih juara I pada sejumlah cabang diantaranya, tartil putri atas nama Syifa Fadiyah Maulida, cacat netra putri atas nama Riski Jumiati, Hifzhil Qur’an 10 juz putra atas nama L. M. Khaerurrazzak al Hafizi dan cabang  M2IQ putri juara I

diraih Farida Jaeka.

Jaeka
Farida Jaeka

Dalam cabang tilawah putri, kafilah NTB atas nama Lili Rahmah berhasil meraih juara II dan juga harapan III untuk tilawah putra yang diraih Muhammad Farhan.

Riski Jumiati
Riski Jumiati

Selain itu, dalam cabang Qiraat putra, memperoleh  juara  III yang diraih Budiman. Begitu juga dalam cabang hifzhil Qur’an  putra  1 Juz NTB meraih peringkat III yang diraih Eka Sofyan. Sementara cabang hifzhil Qur’an putri 10 juz, Ummu Hanifah berhasil meraih juara III.

Selanjutnya, kafilah NTB juga meraih juara II untuk cabang tafsir Qur’an bahasa Indonesia putri, melalui Juznawati. Serta untuk cabang Khattil Qur’an kontemporer NTB juara II yang diraih Ikhtiar.

Selain mengumumkan para juara MTQ, panitia pusat juga mengumumkan para pemenang pawai taaruf yang diikuti 34 provinsi di Indonesia. Dimana dewan juri memutuskan 10 provinsi terbaik. Dalam ajang pawai taaruf ini, NTB menempati  peringkat 8. Sementara peringkat 1 diraih DKI Jakarta. (nas)