3.000 Peserta Meriahkan Pawai Taaruf MTQ Nasional Ke-26

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 3.000 peserta memeriahkan pawai taaruf Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-26 di NTB tahun 2016. Selain itu, ada juga pawai kendaraan hias yang diikuti para kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia.

Pawai taaruf tersebut dilepas langsung Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi di depan Pendopo Walikota Mataram, Jumat 29 Juli 2016. Hadir dalam kesempatan tersebut Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Machasin, Istri Gubernur NTB, Hj. Erica Zianul Majdi, Wakil Gubernur NTB, H. Muh. Amin, SH, M.Si, Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh beserta istri, Ketua DPRD NTB, Hj. Bq. Isvie Rupaeda, SH, MH, Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid, S.Ag, M.Si dan tamu undangan lainnya.

Gubernur NTB, mengatakan meskipun cuaca cukup panas pada saat pawai taaruf tersebut namun terasa sejuk dengan banyaknya perwakilan para kafilah yang ikut ambil bagian menyemarakkan MTQ Nasional ke-26 di NTB. ‘’Kita bersama menyaksikan  pawai taaruf. Ini bagian dari kesyukuran kita menyambut MTQ Nasional yang ke-26 di NTB,’’ kata gubernur selanjutnya melepas para peserta pawai taaruf.

Sementara itu, Koordinator Pawai Taaruf MTQ Nasional ke-26, Drs. L. Dirjaharta, M.Si  mengatakan pelaksanaan pawai taaruf tersebut dimaksudkan sebagai media untuk membangun kearifan lokal dengan semangat Al Qur’an. Pawai taaruf juga sebagai ajang perkenalan, persahabatan dan media silaturahmi antara sesama kafilah MTQ.

Kepala Satpol PP NTB ini menjelaskan, pawai taaruf MTQ Nasional ke-26 itu terdiri dari dua kategori. Pertama  pawai taaruf kendaraan hias yang  diikuti oleh seluruh provinsi se Indonesia dan kabupaten/kota se-NTB. Kemudian pawai taaruf jalan kaki yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota se-NTB dengan jumlah peserta kurang lebih 3.000 orang. (nas)