Wabup KSB Temui Menaker

Taliwang (Suara NTB) – Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, ST, Rabu 27 Juli 2016, berkesempatan melakukan pertemuan langsung dengan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Muhammad Hanif Dakhiri.

Dalam pertemuan tersebut, Wabup yang hadir didampingi kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Dr. Ir. H. Amry Rakhman, kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnarketrans) KSB H. Abdul Hamid, M.Pd serta sejumlah staf lainnya.

Wabup menyampaikan dua agenda penting kepada Menaker, yakni terkait persoalan ketenagakerjaan di PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan keberadaan pembangunan gedung Balai Latihan Kerja (BLK) di kecamatan Poto Tano.

Sehari sebelumnya, Fud mengatakan, terhadap persoalan karyawan PTNNT. Pihaknya akan meminta pemerintah memberikan jaminan kepastian kepada seluruh karyawan PTNNT tidak akan terpengaruh dengan proses pergantian operator sehubungan dengan beralihnya saham mayoritas PTNNT dari Newmont Corporation dan Sumitomo ke PT Amman Mineral Internasional (AMI), anak perusahaan Medco Energi. “Kita ingin ada kepastian bahwa prosesnya tidak mempengaruhi karyawan yang ada,” cetusnya.

Kemudian soal keberadaan pembangunan BLK Poto Tano, Wabup mengatakan, pihaknya akan mengupayakan agar Kemennaker dapat melanjutkan penyelesaian seluruh gedung sesuai rencana semula. Tidak saja itu Pemda KSB juga akan mengajukan proposal bantuan untuk memenuhi peralatan yang dibutuhkan BLK.

“Kan BLK kita sudah manfaatkan. Tapi belum maksimal karena alatnya belum lengkap. Nah nanti akan kita sampaikan semuanya ke pak menteri,” timpalnya.

Wabup menyatakan, Pemda juga akan mengajukan permohonan kepada Kemennaker agar bangunan gedung BLK Poto Tano yang ada dihibahkan ke daerah. Ini akan dilakukan jika kemudian Kemennaker tidak bisa memenuhi permintaan untuk melengkapi seluruh bagian gedung bangunan. “Kita siap bangun kekurangannya tapi harus dihibah dulu,” sebutnya.

Sementara itu hasil pertemuan langsung dengan Menaker, kemarin, menteri Hanif Dhakiri menyambut baik sejumlah permintaan Pemda KSB yang disampaikan Wabup. Bahkan Menteri Hanif Dhakiri akan menyempatkan waktu berkunjung ke KSB untuk meninjau kondisi PTNNT dan bangunan BLK Poto Tano.

“Alhamdulillah semua permintaan kita direspon positif oleh pak menteri. Dan beliau akan mencari waktu untuk bisa meninjau langsung ke KSB,” sebut Wabup melalui pesan singkatnya kepada media ini. (bug)