Jelang MTQ, Pemkot Mataram Tertibkan PKL Sepanjang Jalan Protokol

Mataram (suarantb.com) – Pemkot Mataram menertibkan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL) sepanjang jalan protokol, Jalan Pejanggik Cakranegara, Rabu, 27 Juli 2016 sore. Penertiban ini dilakukan Dinas Koperasi Perindustrian  dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Mataram, APKLI, Satpol PP serta seluruh camat dan lurah.

Penertiban PKL di sepanjang Jalan Pejanggik sudah dilakukan sejak dua hari yang lalu tanggal 25 Juli 2016. Kepala Disperindag Kota Mataram, Wartan, SH, MH mengatakan dia bersama satu regu Satpol PP sudah tiga hari melakukan penertiban PKL ini. Hal ini akan  tetap dilakukan hingga lapak  tempat berjualan para PKL tertib dan rapi. “Sementara di jalan ini saja dulu, karena sangat terlihat,” kata Wartan.

Wartan mengatakan lapak PKL yang semrawut akan ditata supaya rapi. “Bagaimana membuatnya rapi, lebih-lebih kita ini lagi banyak kedatangan tamu, sehingga kita diperintahkan pak Walikota untuk menertibkan ini semua,” ujarnya.

Wartan menambahkan inspeksi jalan ini juga untuk memastikan pedagang tidak berjualan di badan jalan. “Kita tidak menggusur mereka, kecuali melanggar kita akan coba tertibkan,” kata tambahnya.

Selama melakukan inspeksi Wartan mengklaim tidak menemukan adanya pedagang yang keberatan untuk ditertibkan.”Selama tiga hari ini belum ada yang komplain,” ujarnya.

Ia berharap nantinya para  pedagang tersebut bisa melayani tamu dengan higienis, nyaman, serta ramah. “Nanti kalau sudah rapi, pasti ada kebijakan dari pemerintah untuk mereka, kita tunggu saja,” tutupnya. (ism)