Kebutuhan Listrik Selama MTQ Setara dengan Satu Kecamatan

Mataram (suarantb.com) – Sebagai ajang berskala nasional, MTQ XXVI di NTB tentu saja membutuhkan dukungan daya listrik yang besar. Menurut General Manager PT PLN Persero NTB, Karyawan Aji, daya listrik yang disediakan untuk MTQ mencapai 1,6 juta Watt alias 1600 Kilo Watt. Angka itu cukup untuk memasok listrik bagi satu kecamatan.

Kebutuhan listrik ini dipasok ke lokasi utama penyelenggaraan MTQ, yaitu di Islamic Center dan 11 lokasi penyelenggaraan lainnya. Selain itu, pasokan listrik ini juga untuk tempat-tempat strategis seperti  bandara, pendopo dan lain sebagainya.

Hal itu disampaikan Karyawan Aji pada apel pasukan siaga PLN sukseskan MTQ Nasional NTB 2016 di halaman depan Sekretariat Panitia MTQ, di Islamic Center, Mataram, Rabu, 27 Juli 2016. Turut hadir dalam apel tersebut, Wakil Gubernur NTB , H. Muh. Amin, SH, M.Si, Sekretaris Daerah NTB, Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M.Sc, P.Hd dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aji menegaskan bahwa PT PLN mendukung penuh pelaksanaan MTQ dengan menyiapkan instalasi-instalasi di seluruh lokasi dan juga mempercepat pemasangan fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Mataram.

PLN mengerahkan 82 personil yang berasal dari pegawai PLN plus 211 orang petugas layanan teknik alias Yantek. “Untuk penerangan di Islamic Center kami sudah menyediakan back up atau tiga pasokan daya, yang utama dari pasukan PLN , backup PLN dan sewa, dan ketiga pasokan PLN ekspress,” ujar Aji usai melakukan inspeksi bersama Wakil Gubernur.

Aji juga menyampaikan tujuh berita kerja yang dilakukan PLN untuk menyukseskan MTQ. Ketujuh berita itu antara lain, memberikan pelayanan terbaik secara ikhlas, siap pasukan, siap bekerja selama 24 jam, siap peralatan kerja dan siap digunakan, siap dihubungi selama 24 jam untuk setiap personilnya, siap di lokasi sesuai penugasannya, siap bekerja sesuai SOP, jangan lupa siap menjaga keselamatan kerja.

Menurutnya, tim siaga PLN NTB juga bekerjasama dengan PLN Group, Indonesian Group, dan PLN Batam. Aji mengaku sangat menyadari pentingnya event MTQ bagi Provinsi NTB selaku tuan rumah. Ia menilai, kesuksesan MTQ berdampak pada pembangunan daerah. Oleh karena itu, PLN NTB dengan seluruh grup dan mitra kerjanya berkomitmen mendukung kesuksesan acara tersebut dari awal sampai akhir.

Untuk terwujudnya kesuksesan MTQ nantinya, PLN telah menyiapkan personil dan peralatan seoptimal mungkin. Diantaranya, disiapkan dua unit genset berkekuatan 300 KW, dua unit travo 250 KWA, lima unit travo mobile, satu unit genset 500 KWA, satu unit UPS 100 KWA, kabel HTKCS sepanjang 500 M di Islamic Center dan kabel LPTS sepanjang 4000 M, dan menyiapkan panel listrik sebanyak 12 unit.

“Sampai saat ini kesiapan telah kami  laksananakan dan target seluruhnya operasi normal paling lambat 28 Juli , tapi mulai hari ini telah kita laksanakan penuh untuk tadi malam sudah bisa kita coba,” katanya.

Yang pertama adalah PJU di bypass sepanjang setengah kilometer yang dikerjakan lebih kurang dua sampai tiga hari. Selain itu, juga di masjid raya 13 kilometer. Di akhir sambutannya, Aji meminta Wakil Gubernur dan seluruh tamu undangan selesai  apel untuk melakukan inspeksi kesiapan alat sekaligus mencobanya.  (ism)