Mohan : Harus Ada Terobosan Penanganan Sampah

Mataram (suarantb.com) – Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana menyampaikan harus ada terobosan dalam penanganan persampahan di Kota Mataram. Pola konvensional yaitu angkut-buang menurutnya harus diubah. Dengan terobosan baru, diharapkan tak ada lagi penumpukan sampah akibat tak terangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Harus ada terbosoan dan jangan lagi sistem angkut-buang dan jangan sampai ada penumpukan sampah. Sekarang kan masih ada penumpukan sampah di pinggir-pinggir jalan,” terangnya.

Baca juga:  Soal Sanitasi, KSB Jadi Contoh Dunia

Wakil Walikota mengakui masih banyak persoalan menyangkut kebersihan di Mataram, salah satunya sampah. Secara visual keberhasilan penanganan sampah belum terlihat. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya ingin membeli mesin pengolah (recycling) sampah.

Mohan mengapresiasi berbagai pola penanganan sampah yang direncanakan seperti insinerator, olah sampah terpadu (Osamtu), dan lainnya. Namun terpenting ditegaskan Mohan adalah pola tersebut harus konkret dan terukur. Dinas Kebersihan juga harus meyakinkan pihaknya bahwa dengan berbagai rencana penanganan sampah itu, persoalan sampah bisa selesai.

Baca juga:  Digagas Hj.Putu Selly Andayani, Sekolah Sampah Gelisah Diluncurkan

Dengan demikian pihaknya bisa memberi kebijakan politik untuk dukungan anggaran. “Mereka beri pandangan kepada kita kalau ini bisa selesai. Ini akan kita jadikan kebijakan politik dan kita dukung dengan politik anggaran yg dibutuhkan,” demikian Mohan Roliskana. (ynt)