Pilihan Berakhir Pekan di Pantai Poto Batu

Mataram (Suara NTB) – Kabupaten Sumbawa Barat tidak hanya memiliki Mantar, Sekongkang dan Kenawa. Ada juga Pantai Poto Batu yang bisa menjadi pilihan berakhir pekan wisatawan saat berkunjung ke Sumbawa Barat.

Selama ini, banyak wisatawan lokal yang datang berkunjung. Meski kunjungannya tidak seramai Kenawa atau Mantar, namun pantai ini sangat cocok menjadi tempat berlibur bersama kerabat dan keluarga. Apalagi saat akhir pekan, pantai ini menjadi pilihan yang tepat.

Iklan

Pantai ini memiliki pemandangan yang indah dengan deburan ombak dan pemandangan matahari tenggelam yang juga tidak kalah menarik. Batu-batu karang berdiri kokoh memiliki susunan yang unik menyerupai susunan lantai batu berwarna hitam.

Pantai ini juga menjadi muara sungai-sungai yang mengalir dari Taliwang dan sekitarnya. Muara sungai yang lebar dengan arus yang cukup kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung terutama mereka yang memiliki hobi memancing.

“Biasanya orang lokal yang banyam datang. Kalau wisatawan luar itu masih terbilang sedikit,” kata warga KSB, Boden, Kamis, 8 Maret 2018.

Tidak jauh dari kawasan pantai ini, terdapat sebuah tanjung yang bernama Tanjung Berok. Tanjung ini dimanfaatkan oleh masyarakat setempat bekerjasama dengan investor-investor swasta sebagai lokasi budidaya mutiara yang bermutu tinggi. Mutiara hasil olahan masyarakat ini telah banyak dipasarkan ke luar daerah KSB.

“Memang di sana ada juga yang budidaya mutiara. Kalau petugasnya mengizinkan, kita bisa lihat proses budidayanya,” ujarnya.

Pantai ini berada di tepi jalan raya menuju Kecamatan Jereweh dari arah Kota Taliwang. Dapat ditempuh selama 10 menit berkendara. Debur ombak yang menghantam karang dengan latar pemandangan matahari terbenam akan menjadi suguhan utama saat wisatawan berkunjung.

“Pemandangannya tidak kalah menarik dari pantai lain. Sayangnya masih kurang fasilitas dan kurang promosi,” ujarnya.

Ia berharap kedepannya Pemda dapat melengkapi berbagai fasilitas di destinasi ini. Ia juga berharap masyarakat dan wisatawan bisa tetap menjaga kebersihan. Sehingga pantai ini tetap bersih dan bisa menjadi tujuan utama berlibur wisatawan yang berasal dari mana saja. (lin)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional