Pilgub NTB 2018, Demokrat Terbuka Usung Kader Eksternal

Mataram (suarantb.com) – Politisi Partai Demokrat NTB, H. Muhamad Rais Ishak mengatakan partainya  bersikap terbuka untuk mengusung kader eksternal di Pilgub NTB 2018 mendatang. Hal itu dimungkinkan ketika hasil survei internal menunjukan tidak ada satupun kader internal dari Partai Demokrat yang berpeluang menang untuk  diusung dalam pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

“Kita wajib mengutamakan kader. Tapi Demokrat kan partai yang terbuka. Kalau kader tidak ada yang layak ya kita usung dari luar (eksternal),” ujar Rais Ishak,  Senin, 5 Desember 2016.

Namun, sebagai sebuah parpol, lanjut Rais Ishak, tentu Demokrat tetap mengutamakan kader internal pada Pilgub mendatang. Akan tetapi, pertimbangan memenangkan Pilkada tetap menjadi keharusan. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan partai Demokrat mengusung figur di luar kader internalnya.

Dengan catatan kader internal Demokrat melalui hasil survei tidak ada yang memiliki modal elektabilitas yang cukup untuk diusung. “Nanti akan ada survei yang menentukan,” katanya.

Terkait dengan beberapa nama yang sudah santer beredar akan diusung Demokrat pada Pilgub mendatang,  Rais Ishak yang juga anggota Komisi I DPRD NTB itu mengatakan  sejauh ini partainya belum membuat keputusan apapun.

Ia menilai fenomena maraknya figur yang mulai mengklaim telah mendapat dukungan Demokrat tidak lepas dari posisi Ketua DPD Partai Demokrat NTB yang juga Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) yang masih memiliki nilai jual tinggi secara politis di tengah-tengah masyarakat NTB. Oleh karenanya, Rais tidak heran ketika fenomena itu terjadi.

“TGB kan masih punya suara di masyarakat kita. Sangat wajar hal itu terjadi. Tapi Demokrat saat ini masih fokus menguatkan internal. Belum ada keputusan ke situ,” ujarnya.

Rais Ishak menambahkan sampai saat ini, keputusan mengenai arah dukungan partai Demokrat ataupun arah dukungan TGB secara pribadi masih belum diputuskan. “Belum, masih jauh,” ungkapnya.

Lebih jauh, Rais Ishak menyatakan saat ini, TGB hanya berpesan kepada semua kader Demokrat untuk tetap fokus mengerjakan tugasnya masing-masing. Baik sebagai bagian dari anggota partai Demokrat ataupun dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan. Jangan sampai urusan Pilkada mengganggu konsentrasi kader dalam menjalankan tanggung jawabnya.

“TGB hanya berpesan agar kita serius dan fokus bekerja. Yang jadi anggota DPR agar bekerja sebaik-baiknya menjalankan amanah rakyat,” pungkasnya. (ast)