PHB di SMAN 5 Mataram Disesuaikan dengan Soal ANBK

Suasana pelaksanaan Penilaian Harian Bersama (PHB) di SMAN 5 Mataram pada pekan lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 5 Mataram melaksanakan Penilaian Harian Bersama (PHB) untuk X, XI, dan XII pada Rabu, 29 September 2021 sampai dengan Kamis, 5 Oktober 2021. Ada yang berbeda pada PHB kali ini, PHB di SMAN 5 Mataram disesuaikan dengan soal-soal Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Kepala SMAN 5 Mataram, Siti Nurhani mengatakan, PHB kali ini dilaksanakan persis sama dengan PHB yang sudah-sudah, namun ada pembeda pada jenis soal yang diberikan. Pada PHB kali ini disesuaikan dengan soal-soal ANBK seperti soal piihan ganda, soal pilihan ganda kompleks lebih dari satu jawaban benar, isian singkat, dan menjodohkan. “Dengan tujuan untuk mengenalkan dan membiasakan siswa dengan ANBK,” ungkap Nur, sapaan akrab Kepala SMAN 5 Mataram ini.

Iklan

PHB di SMAN 5 Mataram dilaksanakan setelah ANBK berakhir. PHB dilaksanakan selama delapan hari ini. Hal ini diakui Nur menjadi agenda panjang bagi segenap guru dan tenaga pendidikan SMAN 5 Mataram dalam memberikan pelayanan bagi siswa. Ia menjelaskan, PHB merupakan program yang mulai diadakan sejak pandemi Covid-19. “Hal ini untuk menjaga ritme proses pembelajaran daring dan luring terbatas yang diterapkan pada masa pandemi Covid-19,” ujar Nurhani.

Pelaksanaan PHB di SMAN 5 Mataram berbasis teknologi informasi dengan jadwal blok dan sif, sehingga lebih efisien waktu dan tenaga. Sesi 1 kelas XII MIPA/IPS masuk pukul 07.30 Wita–08.15, sesi 2 kelas XI MIPA/IPS masuk pukul 9.30 Wita–11.00 Wita, sesi 3 kelas X MIPA/IPS mulai pukul 11.30Wita–12.15 Wita, jeda salah zuhur dan dilanjtkan kembali pada pukul 13.00Wita–14.00 Wita.

“Setiap hari siswa akan menuntaskan dua mata pelajaran selama satu jam lebih. PHB pola ini sesuai dengan protokol kesehatan cegah penularan Covid-19 untuk guru, pengawas, dan utamanya untuk siswa,” ujarnya. (ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional