Petugas Verifikasi Pendukung Perseorangan Wajib Bebas Covid-19

Arifuddin, Mansyur. (Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – KPU Kabupaten Dompu diingatkan untuk memastikan semua penyelenggara bebas Covid-19 sebelum melakukan verifikasi faktual. Penggunaan masker saat verifikasi, tidak hanya pada petugas, tapi juga harus dibagikan kepada warga pendukung.

Hal itu disuarakan Bakal Calon Bupati Dompu dari jalur perseorangan, Prof. Dr. Mansyur kepada Suara NTB, Senin, 15 Juni 2020. Konsekuensi melaksanakan Pilkada di tengah pandemi Covid-19, setiap tahapan harus menggunakan protokol kesehatan Covid-19.

Iklan

“Jadi saya sangat berharap, KPU bertanggungjawab terhadap keselamatan anggota saya 17 ribuan itu,” katanya.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19, kata Mansyur, tidak dipandang sepele. Apalagi penyebaran Covid masih terjadi, sehingga upaya memutus mata rantai penyebarannya selama ini menjadi sia-sia.

“Jangan sampai mereka turun, hanya petugas saja yang pake protokol kesehatan. Karena yang kami pahami, petugas dan pemilih harus pake (masker),” katanya.

Selain dibagikan masker, Prof Mansyur juga mengingatkan kepada KPU dan Bawaslu, agar petugas yang turun melakukan verifikasi vaktual dipastikan bebas dari Covid-19.

Ketua KPU Dompu, Drs Arifuddin yang dikonfirmasi terkait hal ini mengatakan, penyiapan masker saat verifikasi faktual hanya diberikan pada petugas verifikator. Berbeda halnya saat hari pencoblosan yang harus disiapkan semua, baik petugas maupun pemilih dan masker itu harus sudah terbagi sebelum masuk TPS dan digunakan saat menggunakan hak pilihnya.

“Hanya petugas (dibagikan masker), kecuali pada saat pemungutan suara. Kalau pada saat verifikasi faktual, petugasnya disiapkan APD, bahkan untuk pendukung yang terpapar Covid wajib didatangi dengan ketentuan menggunakan APD standar Covid lengkap,” kata Arifuddin.

Kendati demikian, Arifuddin menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker sesuai anjuran pemerintah. “Hanya petugasnya (yang dibagi masker). Tapi minimal kita menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menggunakan masker,” katanya. (ula)