Petugas Kebersihan di Mataram Terima Santunan Ramadhan

Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana menyerahkan santunan Ramadhan bagi petugas kebersihan di Kota Mataram, Selasa, 4 Mei 2021. Tahun ini besaran santunan tersebut bertambah dari Rp100 ribu menjadi Rp150 ribu.(Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram menyalurkan santunan Ramadhan 2021, Selasa, 4 Mei 2021 di Kantor Walikota Mataram. Santunan tersebut antara lain diberikan kepada petugas kebersihan, madrasah, takmir masjid, TPQ, asuhan keluarga, ormas islam, panti asuhan, mualaf, fakir miskin, dan lansia.

Ketua Badan Amin Zakat Nasional (Baznas Kota Mataram), H. Mahsar Malacca menyebut santunan tahun ini meningkat dari segi jumlah, terutama yang diterima oleh petugas kebersihan. “Naik sekarang dari tahun lalu. Dari Rp100 ribu jadi Rp150 ribu. Kalau jumlah penerimanya cenderung sama, sekitar 1.242 orang,” ujarnya ditemui seusai kegiatan penyerahan santunan secara simbolis.

Iklan

Diterangkan, petugas kebersihan yang menerima santunan Ramadhan berasal dari pengajuan tiga OPD lingkup Pemkot Mataram. Antara lain 381 orang dari Dinas PUPR, 773 orang dari Dinas Lingkungan Hidup, dan 88 orang dari Dinas Perkim. Total anggaran untuk santunan petugas kebersihan sendiri mencapai Rp186.000.000.

Kemudian diberikan juga santunan sebesar Rp2 juta kepada masing-masing madrasah yang ada di Kota Mataram. Antara lain 47 Madrasah Raudhatul Atfal, 21 Madrasah Ibtidaiyah, 22 Madrasah Tsanawiyah, dan 12 Madrasah Aliyah. Di mana total anggaran untuk santunan madrasah tersebut mencapai Rp204.000.000.

Untuk takmir masjid diberikan santunan sebesar Rp500 ribu per orang. Dengan jumlah takmir di Kota Mataram tercatat sebanyak 237 orang, anggaran yang disiapkan mencapai Rp118.500.000. Kemudian untuk santunan mualaf diberikan kepada 756 orang dengan nominal Rp200 ribu, santunan fakir miskin di 50 kelurahan diberikan pada 7.300 orang dengan nominal Rp100 ribu, dan sembako lansia senilai Rp110 ribu untuk 1.000 orang penerima.

“Yang bertambah itu sembako untuk lansia, karena itu untuk mendukung program vaksinasi (Covid-19),” jelas Mahsar. Diterangkan, seluruh santunan tersebut telah disalurkan pihaknya. Termasuk untuk paket sembako bagia lansia yang telah diserahkan ke masing-masing Kecamatan di Kota Mataram.

Penyaluran santunan tersebut memanfaatkan zakat infaq dan sedekah (ZIS) yang diterima dari aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemkot Mataram. Penyalurannya dilakukan melalui program kemaslahatan umat yang terbagi dalam lima sub-program, antara lain Mataram Peduli, Mataram Sejahtera, Mataram Cerdas, Mataram Sehat, dan Mataram Takwa.

Wali Kota Mataram yang menyerahkan secara langsung santunan tersebut kepada seluruh petugas kebersihan di Kota Mataram menyebut penyaluran santunan melalui Baznas Kota Mataram adalah langkah yang tepat. Terutama untuk menyampaikan amanah dengan landasan hukum yang pasti di dalamnya.

Santunan tersebut diharapkan dapat membantu seluruh penerima di bulan Ramadhan. Terutama untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang jatuh di pertengahan Mei mendatang. “Saya berharap bantuan ini ada manfaatnya. Terlebih dalam kondisi yang tidak mudah kita hadapi sekarang ini,” ujar Mohan. (bay)

Advertisement ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional