Petinju NTB Dulang Tiga Emas

Endang, Uswatun Hasanah dan Saputra Samada berpose di sela kegiatan Seleknas SEA Games di Mabes TNI AU Cilangkap beberapa waktu lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Diperkuat empat atlet, cabang olahraga tinju berhasil mendulang tiga medali emas di Seleknas Atlet SEA Games yang berlangsung di Sasana Dirgantara Boxing Mabes TNI AU, Cilangkap, 25-28 Maret 2021. Tiga atlet yang sukses meraih medali emas tersebut adalah Saputra Samada, Huswatun Hasanah dan Endang.

Pelatih Tinju NTB, Indah Dugi Cahyono yang dikonfirmasi Suara NTB via ponselnya, Minggu, 28 Maret 2021 mengatakan ketiga medali emas  tersebut diraih petinju  NTB  di tiga kelas yang berbeda. “Alhamdulillah, kita kirim empat atlet,  dapat tiga medali emas,” ucapnya.

Iklan

Dikatakannya, Saputra Samada meraih medali emas di kelas 69 Kilogram (Kg) putra usai mengalahkan Sarohatua Lumbantobing asal Sumatera Utara (Sumut) dengan kemenangan angka. Selanjutnya Endang  yang turun di kelas 51 Kg putri berhasil mengalahkan atlet asal Kalimantan Selatan (Kalsel), Beathrichx Sugoro dan Huswatun Hasanah mengalahkan atlet asal Papua Barat (Adela Estefina Urbinas di kelas 60 Kg putri.

Hasil raihan  tiga medali emas tersebut membawa ketiga atlet tinju  NTB lolos mengikuti Pelatnas persiapan  mewakili Indonesia di SEA  Games 2021. Sementara Jubaitul yang turun di kelas 57 Kg putri harus menerima pil pahit karena  gagal meraih tiket Pelatnas setelah gagal memenangkan pertandingan di babak penyisihan.

“Dari empat atlet yang kami kirim hanya Jubaitul yang tidak  meraih medali dan gagal ikut Pelatnas SEA Games,” ucapnya.

Menurut Dugi, kegagalan Jubaitul di ajang Seleknas tersebut dikarenakan kondisi fisik yang kurang. Lemahnya fisik  Jubaitul diakui Dugi  disebabkan karena kurang maksimal latihan selama Pandemi Covid-19, dan hal tersebut akan menjadi bahan  evaluasi pelatih untuk dapat  mempersiapkan kondisi fisik  atlet menghadapi event nasional yang akan datang.

“Kondisi fisiknya Jubaitul agak  lemah. Ini akan menjadi bahan evaluasi kami  (pelatih) untuk terus  meningkat stamina atlet dalam rangka  menghadapi event nasional yang akan datang,” jelasnya.

Terkait kegagalan Jubaitul di event tersebut, Dugi memastikan atletnya akan tetap kembali latihan di Sasana Notorius Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dalam rangka  persiapan mengikuti PON di Papua tahun 2021. Sementara ketiga atlet yang sukses meraih medali emas akan mengikuti Pelatnas SEA Games yang akan di gelar oleh  Pengurus Pusat (PP) Pertina dalam rangka persiapan SEA Games dan PON 2021.

Untuk diketahui, tiga atlet NTB yang sukses meraih medali emas di ajang Seleknas bukan hal yang baru. Pasalnya ketiga atlet tersebut juga pernah mengikuti Pelatnas persiapan SEA Games  tahun 2019, sehingga tak heran bila  ketiga atlet tersebut mampu  mendulang medali emas di  ajang Seleknas tahun 2021. (fan)

Advertisement filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional