Petasan Daya Ledak Tinggi Diduga Akan Dilemparkan ke Polisi

Mataram (suarantb.com) – Kepolisian Sektor (Polsek) Ampenan melakukan razia balap liar di Jalan Elak (bypass) BIL 2, Kelurahan Jempong Baru, Kecamatan Ampenan, Mataram pada Sabtu malam, 1 Oktober 2016. Hasilnya, polisi mengamankan 19 motor tanpa dokumen kendaraan dan empat buah petasan dengan daya ledak tinggi.

Kapolsek Ampenan, Kompol R. Sudjoko Aman, menyebutkan dari hasil interogasi di lapangan, pelaku yang memiliki petasan diketahui berencana akan meledakan petasan tersebut ke arah polisi yang melakukan razia kendaraan.

Iklan

“Menurut pengakuan dia, petasan ini rencananya diperuntukan atau digunakan untuk diledakan ke polisi kalau lewat berpatroli. Tujuannya diarahkan pada polisi yang akan membubarkan anak-anak ini. Ini sudah ada unsur untuk melukai,” ujarnya saat ditemui di Mapolsek Ampenan, Senin 3 Oktober 2016.

Diketahui, pelakunya berinisial AR (19) asal Kelurahan Pagutan. Hingga kini pelaku masih menjalani pemeriksaan pengembangan di Mapolsek Ampenan. “Kita masih melakukan interogasi dari mana barang tersebut didapat. Kalau memenuhi unsur (pidana), kita terapkan undang-undang darurat,” jelasnya.

16_2

Kanit Reskrim Polsek Ampenan, AKP I Nyoman Sugiarta saat melakukan introgasi pemilik petasan di Mapolsek Ampenan, Senin 3 September 2016 (suarantb.com/szr)

Untuk memastikan petasan tersebut berdaya ledak tinggi, Kapolsek Ampenan melakukan percobaan untuk meledakan satu buah petasan yang disita dari pelaku. Bertempat di halaman depan Mapolsek Ampenan, petasan tersebut diledakan dan disaksikan awak media.

Terdengar dua kali ledakan yang begitu memekakkan telinga, disertai kepulan asap yang membumbung tinggi layaknya ledakan bom. Bahkan, beberapa petugas polisi yang berada di dalam ruangan sempat keluar ruangan karena besarnya bunyi ledakan petasan tersebut. Para awak media yang meliput, merasakan betul getaran dari ledakan petasan tersebut.

Usai petasan diledakan, tanah yang semula berumput tempat diledakan petasan, berubah menjadi kering dan hangus akibat kuatnya daya ledak dari petasan tersebut. Bahkan diperkirakan bunyi ledakan mencapai radius 1 km. (szr)