Petani Protes Jatah Pupuk Subsidi Berkurang

Sejumlah petani mendatangi Kantor Dinas Pertanian Kota Mataram, Senin, 25 Januari 2021 memprotes pengurangan jatah pupuk subsidi oleh pemerintah. Berkurangnya jatah pupuk dikhawatirkan mengganggu produksi. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah kelompok tani di Kota Mataram memprotes pengurangan jatah pupuk subsidi oleh pemerintah. Kebijakan itu dinilai akan merugikan petani dan dikhawatirkan berdampak terhadap penurunan produksi.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Ir. H. Mutawalli membenarkan aksi protes yang disampaikan oleh kelompok tani. Kelompok tani mulai dari tingkat kecamatan sampai kota melakukan hearing di dinas mempertanyakan kebijakan pengurangan jatah pupuk subsidi tersebut. “Iya, kemarin mereka datang memprotes jatah pupuk subsidi itu,” kata Mutawalli.

Iklan

Petani mengeluhkan pupuk subsidi yang digunakan biasanya 2 kwintal perhektar malah turun drastis menjadi 75 kilogram. Dan itu pun sambung Mutawalli, hanya untuk dua kali musim tanam. Pengurangan ini dipastikan tidak akan memenuhi pemupukan di lahan pertanian.

Selama ini, pemberian jatah pupuk berdasarkan rencana definitif kebutuhan kelompok (RDKK). RDKK ini menjadi acuan bagi pengecer memberikan jatah pupuk ke petani. “Patokan pemberian jatah pupuk subsidi sesuai RDKK,” jelasnya.

Solusi yang ditawarkan ke petani adalah membicarakan langsung dengan distributor untuk mengamankan musim tanam tahun ini. Sedangkan, solusi jangka panjang menyampaikan aspirasi ke DPRD NTB agar pemerintah pusat menambah kuota pupuk subsidi. “Rencana kelompok tani mau datang ke DPRD untuk menyampaikan aspirasi,” tambahnya.

Berkurangnya jatah pupuk subsidi dikhawatirkan berdampak terhadap penurunan produksi. Selama ini, produksi padi 30 ribu ton pertahun. Selain produksi, juga berpengaruh terhadap harga pupuk yang melonjak. Pupuk subsidi jenis urea Rp1.800/kg naik menjadi Rp2.250/kg. Jika petani membeli di pengecer tanpa subsidi harganya Rp6 ribu/kg. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional