Pesona Alam Gili Petelu, Gili Cantik di Perairan yang Tenang

Suasana Gili Petelu yang masih perawan dan layak dikunjungi untuk menikmati akhir pekan atau liburan bersama keluarga. (Ekbis NTB/rus)

Gili Petelu, adalah salah satu dari sederetan pulau-pulau kecil di wilayah perairan Lombok Timur (Lotim). Gili yang berada tak jauh dari Pantai Pink Kecamatan Jerowaru ini menjadi destinasi wisata pilihan yang ramai dikunjungi wisatawan.

Wisatawan yang menuju Gili indah ini bisa menggunakan perahu yang tersedia banyak di pantai-pantai Lotim wilayah Selatan. Termasuk dari Pantai Pink. Cukup dengan sewa perahu, pengunjung bebas berkeliling mengitari gili beserta dengan pilihan-pilihan destinasi wisata lainnya di sekitar pantai Pink.

Budi, salah seorang guide perahu yang biasa mengantarkan wisatawan keliling perairan Pantai Pink ini kepada media ini menuturkan, nama Gili Petelu itu diambil dari tiga jumlah gugusan bukit.

“Jika dilihat dari kejauhan, Gili Petelu akan terlihat sama saja dengan gugusan-gugusan bukit lainnya. Namun ada beberapa hal yang bisa membuat kesan tersendiri bagi setiap orang yang sudah mengunjunginya,” ujarnya.

Penuturan Budi, satu dari gugusan gili memperlihatkan pasir putihnya yang memukau. Terlihat seperti merica-merica putih. Bagi pecinta wisata gili yang tenang dengan perairannya yang segar, maka Gili Petelu bisa menjadi pilihan.

Satu pengalaman yang tidak akan bisa terlupakan saat mengunjungi Gili ini adalah melihat keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Pengunjung yang suka snorkeling, dapat dengan mudah melihat ikan-ikan cantik. Seperti berada di atas kolam air tawar, saat ikan-ikan diberikan makanan semua berkumpul menyerbut makanan.

Menurut Budi, para wisatawan yang mengunjungi Gili Petelu sangat rugi jika tidak mandi. Airnya yang jernih dengan ikan-ikan cantik yang manja membuat setiap yang datang betah dan selalu ingin kembali lagi. Saking jernihnya, air di Gili Petelu terlihat seperti memancarkan warna hijau toska dan sangat bening.

Mandi di perairan Gili ini seperti berada di tengah kolam besar. Tidak perlu takut terganggu dan tersedot dengan hempasan ombak. Perairannya yang dangkal membuat para pengunjung juga tidak perlu takut menyelam.

Karenanya, wisatawan yang mendatangi pantai Pink ataupun sederetan pantai-pantai indah di dalam kawasan hutan Sekaroh ini tidak akan sempurna rasanya kalau tidak mengunjungi Gili Petelu. (rus)