Peserta Seleksi JPTP Didomisi Wajah Baru

Tim pansel memperhatikan pemaparan materi yang disampaikan oleh salah satu peserta seleksi JPTP pada Senin (13/9). Sebagian besar pelamar adalah wajah baru. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Peserta seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) mulai mempresentasikan makalah di hadapan kelima tim pansel. Dari 28 pelamar sebagian besar didominasi wajah baru. Proses rekrutmen tetap mengedepankan transparansi dan profesionalitas.

Pantauan Suara NTB, Senin, 13 September 2021, peserta seleksi JPTP duduk di lorong depan aula Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Mereka mengenakan pakaian kemeja putih kombinasi celana hitam. Wajah pejabat terlihat tegang. Ada juga sebagian terlihat santai sambil berbincang dengan peserta lainnya.

Iklan

Di dalam ruangan telah menunggu lima tim pansel yakni Sekda Kota Mataram, Dr. H. Effendi Eko Saswito, Asisten III Dra. Hj. Baiq Evi Ganevia, Ekonom Universitas Mataram Dr. H. Iwan Harsono, Pengamat Politik sekaligus Dosen Universitas Muhammadiyah Mataram Dr. H. Muhammad Ali dan Drs. H. Djaswad yang berasal dari unsur mantan birokrat.

Kelima panelis akan menguji makalah yang ditulis oleh pelamar. Pelamar harus mempersiapkan amunisi untuk menjawab satu persatu pertanyaan tim pansel.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram, Baiq Nelly Kusumawati menyampaikan, tahapan seleksi JPTP pada presentasi makalah dan wawancara. Peserta diberikan waktu lima menit untuk persentasi dan 30 menit menjawab pertanyaan. Tim pansel akan menilai berbagai aspek. Yakni kedisiplinan, penguasaan materi serta kemampuan menjawab pertanyaan. “Termasuk datang tepat waktu jadi penilaian,” jawab Nelly dikonfirmasi, Senin, 13 September 2021.

Nelly mengakui, sebagian besar pelamar JPTP adalah wajah baru. Meskipun, ada pejabat wajah lama dan pernah mengikuti seleksi JPTP selama empat kali. Pejabat baru mengikuti pansel seperti, Camat Selaparang Zarkasyi, Kabag Organisasi dan Tata Laksana Lalu Syamsul Adnan, Kepala Bidang e – Government Dinas Komunikasi dan Informatika Abdul Manan, Kepala Bidang Hortikultura pada Dinas Pertanian, Umar Said, Sekretaris Dinas Perdagangan Syamsul Irawan, Sekretaris Komisi Pemilihan Umum Uun Pujianto, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri, Muhammad Ramadhani dan lainnya.

Sementara, wajah lama menjadi langganan pansel yakni Kepala Bidang Wasbang pada Bakesbangpol Drs. I Made Gde Yasa. Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Ir. Ahmad Suriadi. Suhartono Tumiran, I Made Putu Sudarsana dan Sekretaris Bappeda Muhammad Ramayoga.

Ditegaskan, proses seleksi dipastikan mengedepankan profesionalitas dan transparan. Karena itu, peserta diminta tetap menampilkan terbaik dari setiap proses tahapan seleksi.

Salah seorang peserta JPTP, Ahmad Muzaki mengaku, sebelum mempresentasikan makalah di hadapan tim pansel, ia terlebih dahulu menguasai masalah yang akan dibahas. Strategi itu akan memudahkan menjawab satu persatu pernyataan tim pansel. “Jadi saya harus mengetahui dulu dan punya gambaran umum tentang masalah yang akan saya bahas,” ucapnya.

Jack, sapaan akrabnya mengambil dua formasi jabatan yakni Kepala Dinas Perikanan dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. Menurutnya, apapun hasil dari seleksi JPTP ini diserahkan sepenuhnya ke tim pansel dan kepala daerah selaku pejabat pembina kepegawaian. Tujuannya ikut seleksi untuk mensukseskan visi – misi kepala daerah dan wakil kepala daerah. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional