Pesan Kapolda NTB di HUT TNI

Nana Sudjana (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Kapolda NTB Irjen Pol. Nana Sudjana menyatakan dukungannya dalam setiap upaya TNI menjalankan tugas pertahanan negara. Wujudnya dengan menguatkan sinergitas dan soliditas. Hal itu tampak dari penanganan gempa Lombok dan pengamanan Pemilu 2019.

“TNI Polri ini merupakan pilar penjaga utama dari NKRI. Di sini lah kita saling melengkapi, baik dalam situasi aman, dalam situasi genting,” ujarnya, Jumat, 4 Oktober 2019 didampingi Wakapolda NTB Brigjen Pol Tajuddin.

Iklan

Menurutnya kerjasama bidang pertahanan dan keamanan TNI dengan Polri tidak bisa dipisahkan. Apalagi jika menilik dari peran TNI dari sejak sebelum sampai Indonesia merdeka.

“Soliditas antara TNI dan Polri ini merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Tentunya kita mendukung TNI yang profesional kebanggaan rakyat,” tegasnya.

Dalam konteks pertahanan keamanan NTB, Kapolda menilik peran serta TNI dalam penanganan gempa Lombok. Bencana alam beruntun pada Juli sampai Agustus 2018 lalu. TNI dan Polri saling membahu mulai dari tanggap darurat, masa transisi, sampai rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Itu kita rasakan sekali, misalnya pada waktu itu dalam rangka evakuasi warga di Gili Trawangan. Kemudian evakuasi korban-korban,” kenang Nana.

Catatan Suara NTB berdasarkan keterangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sebanyak 8.381 orang dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air Lombok Utara selama dua hari, yakni Senin 6 Agustus dan Selasa 7 Agustus 2018.

Kapolda juga menekankan dukungannya terhadap upaya TNI, dalam hal ini Korem 162/Wira Bhakti, menjadi penggerak rehabilitasi dan rekonstruksi melalui BPBD Provinsi NTB.

“Ini kan proyek nasional, yang dikedepankan BPBD juga dengan TNI. Kami terus melakukan sinergitas bagaimana agar pembangunan ini on the track, bagaimana pembangunan ini tidak ada permasalahan,” terangnya.

Menurutnya, sinergi antara TNI dan Polri memperlancar pembangunan kembali rumah-rumah korban terdampak gempa. “Dua ratus ribu rumah itu beban tugas besar yang diemban. Kami terus mendukung sepenuhnya BPBD dan TNI,” tegasnya.

Sinergi yang solid, kata Kapolda, juga terwujud pada saat pengamanan Pemilu 2019. Setiap tahapan mulai dari kampanye, pemungutan dan penghitungan suara, sampai penetapan hasil Pileg dan Pilpres di NTB berjalan mulus.

“Kita tunjukkan kebersamaan, kami yakin bahwa dua institusi ini bisa melaksanakan tugas dengan baik, kita yakin Indonesia akan kondusif, Indonesia akan kuat,” tandas Nana. (why)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional