Perwakilan Pihak Asuransi Penuhi Panggilan Kejari Lotim

Lalu M. Rasyidi (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak dua orang pihak dari PT. JRBP akhirnya memenuhi panggilan penyidik dalam kasus dugaan tipikor kolam labuh Dermaga Labuhan Haji, Kamis 8 April 2021. Dua orang tersebut, S selaku Kasi Operasional dan MA selaku Kasi Underwriting.

 “Ada dua orang kita periksa dari PT. JRBP Cabang Bandung,” terang Kasi Intelijen pada Kejari Lotim, Lalu M. Rasyidi, Kepada Suara NTB.

Iklan

Pemeriksaan terhadap pihak JRBP ini untuk menggali keterangan dalam mega proyek tahun 2016 itu sebagai pihak asuransi.  Pemeriksaannya sebagai rentetan pemeriksaan sebelumnya yang disebut oleh beberapa saksi yang terlebih dahulu diperiksa. Kendati demikian, M. Rasyidi mengaku tidak dapat memberi keterangan lebih jauh karena menyangkut materi perkara.

 “Kita gak bisa sampaikan hasil pemeriksaan, intinya terkait jaminan pelaksanaan yang dikeluarkan oleh PT. JRBP,” ungkapnya.

Pemeriksaan dilakukan selama enam jam dari pukul 09:00 Wita hingga pukul 14:00 Wita bertempat di Kejari Lotim. Pemeriksaan keterkaitannya selaku pihak asuransi dalam mega proyek pengerukan kolam labuh Labuhan Haji yang terindikasi unsur korupsi dari nilai proyek yang digelontorkan Pemda Lotim ketika itu sebesar Rp38,9 miliar.

Untuk kepastian pengerjaan dengan diberikan uang muka sebesar 20 persen dari nilai proyek terhadap pihak rekanan yang dititip melalui salah satu bank di Bandung. Akan tetapi, proyek ini tidak kunjung dikerjakan hingga dilakukan pemutusan kontrak.

Pemkab Lotim kemudian melakukan upaya penagihan terhadap uang muka ke pihak bank di Bandung, namun tak membuahkan hasil. Pihak bank waktu itu tak kunjung mencairkan dengan berbagai alasan. Pemkab Lotim kemudian menempuh upaya hukum dengan gugatan ditujukan ke PT Guna Karya Nusantara selaku rekanan, namun tetap juga tidak membuahkan hasil sampai saat ini.

Atas kondisi ini, dari penghitungan kasar Kejari Lotim ditemukan kerugian negara sekitar Rp9 miliar yang saat ini tengah dalam proses penyidikan dengan berkoordinasi bersama Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional