Perusahaan Wajib Bayar Gaji Karyawan Sesuai UMK

H. Rudi Suryawan. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram mengingatkan perusahaan wajib membayar gaji karyawan sesuai upah minimum kota. Pelanggaran terhadap hal tersebut akan dikenakan sanksi. Pekerja diminta melapor bila terjadi pemotongan gaji secara sepihak.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Mataram, H. Rudi Suryawan menjelaskan, penetapan upah minimum kota (UMK) Kota Mataram berlaku di tahun 2022 akan datang. Pihaknya bersama asosiasi perusahaan dan serikat pekerja bersama – sama mensosialisasikan hasil keputusan pasca penetapan. Penetapan upah itu wajib dijalani oleh perusahaan karena telah menjadi kesepakatan bersama. “Nanti kita sosialisasikan bersama – sama,” kata Rudi dikonfirmasi, Selasa, 30 November 2021.

Iklan

Fakta di lapangan perusahaan masih membayar gaji karyawan 50 persen. Pandemi Covid-19 menjadi alasan utama. Rudi mengaku, selama ini belum ada laporan terkait pemotongan gaji secara sepihak oleh perusahaan. Bidang Hubungan Industrial biasanya menindaklanjuti bilamana ada keberatan dari pekerja. Akan tetapi, jika sistem kerja diterapkan secara bergiliran dan mendapatkan upah kurang maka dikembalikan pada kesempatan antara pekerja dengan perusahaan. “Tidak ada posko pengaduan. Cuman kalau ada yang melapor akan ditindaklanjuti,” ujarnya.

Disampaikan, para pekerja diminta tidak takut melapor. Pemerintah telah menyiapkan aplikasi lapor sebagai wadah bagi pekerja melaporkan kondisi yang dialami di perusahaan. Perusahaan melakukan pelanggaran dipastikan akan dikenakan sanksi berupa tidak akan direkomendasikan pembuatan izin perusahaan atau lain sebagainya. “Setiap tahun perusahaan perpanjang izin. Kalau melanggar kami tidak direkomendasikan,” jelasnya.

Disatu sisi, dari 800 perusahaan skala besar di Kota Mataram hanya 50 persen yang rutin melaporkan perkembangan perusahaannya. Selebihnya tidak diketahui alasannya. Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik menyampaikan, gaji UMK sebenarnya hanya berlaku bagi karyawan dengan masa kerja di atas satu tahun. Jika lebih dari itu, maka upahnya mengikuti sesuai masa kerja di perusahaan. “Sama dengan PNS. Semakin lama bekerja maka semakin naik gaji diterima,” demikian jelasnya. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional