Pertumbuhan Wirausaha Baru Diklaim Lampaui Target RPJMD

0
H. M. Fajar Taufik (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Lombok Barat (Lobar) mengklaim Wirausaha Baru (WUB) di Lobar terus tumbuh selama masa pandemi Covid- 19, bahkan kenaikan wirausaha baru di Lobar diklaim melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Lobar.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lobar H. M. Fajar Taufik menjelaskan, selama pandemi Covid-19, WUB yang tumbuh di Lobar selama tahun 2021 bertambah 700 WUB. “Catatan kami, ada 700 lebih wirausaha baru, melebihi target RPJMD kita, sebanyak 450 orang dalam satu tahun, ” katanya, saat ditemui Senin, 10 Januari 2022.

Iklan

Ia menjelaskan, dalam RPJMD, target menciptakan WUB sebanyak 450 orang, dalam satu tahun, namun ternyata dari hasil pendataan yang dilakukan, ternyata tingkat pertumbuhan WUB jauh di atas target mencapai 700 orang lebih.

Tingginya pertumbuhan wirausaha baru ini, diperkirakan karena adanya bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat selama pandemi, baik itu BPUM maupun  bantuan yang lainnya. Di mana wirausaha baru ini kebanyakan tumbuh dengan membuka usaha di sektor olahan makanan. “Lebih banyak bergerak di sektor usaha pengolahan makanan, ” jelasnya.

Kemudian pola pemasaran yang mereka gunakan, menggunakan promosi secara online, dengan melaksanakan usaha rumahan. Bahkan  aktivitas usaha warga masyarakat sudah menerima pesanan dari luar daerah, dan melakukan pengiriman juga.

Data wirausaha baru ini, didapatkan Dinas Koperasi dan UMKM, dari pengajuan izin yang masuk ke Dinas Koperasi, maupun yang masuk dari Dinas Perizinan, melalui pendataan Nomor Induk Berusaha (NIB), yang ada di Dinas Perizinan. ” Datanya kita dapatkan dari NIB Dinas Perizinan, dan permintaan izin yang masuk ke Dinas Koperasi, ” ujarnya.

Para pengusaha diharuskan membuat NIB, sehingga semua data yang membuka usaha masuk dalam data OSS, meski mereka mengurus izin dari Dinas Perizinan, maupun di Dinas Koperasi. “Artinya selama pandemi, wirausaha baru kita tumbuh, ” jelasnya.  (her)

Advertisement