Pertumbuhan Ekonomi NTB Belum Dirasakan Semua Lapisan

Mataram (suarantb.com) – Kasi Analis Statistik Lintas Sektor Badan Pusat Statistik (BPS) NTB,  Ni Nyoman Sri Suyasni Pura menyatakan pertumbuhan ekonomi NTB belum dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat NTB. Pasalnya beberapa sektor yang menjadi penyumbang terbesar dalam laju pertumbuhan ekonomi didominasi oleh perusahaan besar yang persentase penyerapan tenaga kerjanya tidak terlalu besar. Sementara sektor-sektor ekonomi yang sebagian besar digeluti masyarakat NTB, belum memberikan kontribusi besar terhadap pertumbuhan ekonomi.

“Seperti tadi dari segi ekonomi pertumbuhannya cukup bagus, tetapi seperti saya katakan tadi apakah pertumbuhannya dinikmati. Kan kalau pertumbuhan ekonomi naik pendapatan daerah naik kan. Atau pertumbuhan ekonomi nasional naik maka pendapatan nasional juga naik. Yang jadi masalah apakah pendapatan dari pertumbuhan itu dinikmati oleh siapa, kalau masyarakat luas menikmati,” ujarnya, Kamis, 11 Agustus 2016.

Iklan

Dari 17 kategori yang menjadi indikator pengukur pertumbuhan ekonomi 14 diantaranya hanya menyumbang angka nol persekian persen. Sementara ke 14 sektor tersebut merupakan sektor yang paling banyak menyerap tenaga kerja.

“Kita lihat sumber pertumbuhannya. Ternyata yang tinggi itu sumbangan dari sektor pertambangan. Itu kan sumber modalnya dari luar, maka nilai tambahnya banyak lari ke luar,” terangnya.

Dengan kondisi seperti itu, seharusnya pemerintah mulai membuat instrumen untuk menyiasatu agar nilai tambah dari produktivitas ekonomi lebih banyak beredar di NTB. Dengan demikian  diharapkan pertumbuhan ekonomi nantinya bisa berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Peran pemerintah kan ada tiga, pengatur dan pengendali ekonomi, selaku konsumen dan produsen. Dalam mengatur kendali ekonomi dengan regulasinya, atau terjun langsung melihat sumbatan-sumbatan dalam ekonomi itu. Dimana sih sumbatan yang menyebabkan ekonomi itu tidak lancar,” jelasnya. (ast)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here