Pertamina Diminta Tambah Armada Penyaluran Elpiji

Soekarno. (Suara NTB/Jun)

Dompu (Suara NTB) – Kepala Bagian Ekonomi Setda Dompu, Soekarno, ST, MT meminta Pertamina untuk menambah armada penyaluran elpiji. Pasalnya, itu memicu terjadinya kelangkaan stok di sejumlah Desa/Kelurahan. Pun mempengaruhi permainan harga di tengah masyarakat.

“Untuk wilayah Dompu, dari dua distributor ada salah satu yang memiliki armada terbatas. Sehingga dibeberapa titik baru selesai distribusikan, minggu depan baru bisa terakomodir lagi,” ungkapnya ketika dikonfirmasi wartawan terkait sulitnya warga memperoleh barang subsidi tersebut.

Iklan

Stok tabung ukuran 3 Kg pada Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) di Bima, menurutnya, tersedia bahkan dalam dua hari sekali mereka sudah bisa datang mengisi cadangan ke distributor di wilayah ini.

Namun persoalannya, keterbatasan armada yang dimiliki distributor membuat penyaluran ke tiap pangkalan di Desa/Kelurahan memakan waktu yang lama, sehingga sering menimbulkan kelangkaan.

Atas kondisi tersebut, pihaknya sudah menyarankan Pertamina untuk segera menambah armada distributor agar masalah ini tertanggulangi. “Kalau ini sudah terpenuhi Insya Allah masalah distribusi itu akan teratasi,” jelasnya.

Kalaupun kebutuhan ini tak mampu dipenuhi, ia mendorong masyarakat untuk menjadi distributor khusus pada daerah yang sulit dijangkau, seperti misalnya Kecamatan Pekat, Kilo atau Huu. Tetapi syaratnya harus memiliki armada yang memadai agar tak menimbulkan persoalan baru di lapangan.

Untuk sementara, dua distributor elpiji yang beroperasi saat ini baru menfokuskan penyaluran ke tiga kecamatan disekitar wilayah kota, sementara titik-titik lain yang cukup jauh ada waktu tertentunya. Tak heran permainan harga oleh oknum pengecer kerap kali muncul karena keterbatasan stok yang dimiliki.

“Silahkan saja kalau ada yang berminat menjadi distributor, tapi kita beharap itu memiliki armada yang lebih bagus. Ini memang wilayah yang unik sehingga butuh armada yang cukup untuk pengangkutan,” pungkasnya. (jun)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional