Personel Kepolisian Dilatih Jadi Tenaga Tracer Covid-19

Personel kepolisian dilatih menjadi tenaga tracer Covid-19. (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Puluhan personel Polres Lombok Tengah (Loteng) mendapat pelatihan khusus sebagai tenaga tracer kasus Covid-19. Keberadaan tenaga tracer dari kalangan kepolisian tersebut nantinya diharapkan bisa mempercepat upaya pelacakan kasus Covid-19 di tengah masyarakat. Sehingga bisa mempercepat penanganan temuan kasus Covid-19 di lapangan yang pada akhir bisa membantu upaya antisipasi penyebaran Covid-19.

“Pelatihan tenaga tracer ini sebagai bentuk repson pihak kepolisian terhadap perkembangan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) saat ini. Dimana masyarakat sedang dihadapkan pada permasalahan penanganan pandemi Covid-19,” sebut Kabag. Binmas Polres Loteng, AKP I Gusti Lanang Wijana, Rabu, 28 Juli 2021.

Iklan

Ia menjelaskan, total ada 74 orang yang dilibatkan sebagai tenaga tracer Covid-19. Terdiri dari 59 personel kepolisian, termasuk bintara yang baru dilantik dan ditempatkan di Polres Loteng sebanyak 47 orang. Ditambah 15 orang tenaga tracer Covid-19 dari mitra kepolisian.

Selain mendapat teknik dan cara pelacakan kasus Covid-19, para tenaga tracer tersebut diberikan pengetahun tentang aplikasi Silacak. Supaya nantinya dapat membantu para tenaga kesehatan untuk melaporkan perkembangan Covid -19 di wilayah tugas maupun tempat tinggalnya masing-masing.

Sehingga kasus covid-19 cepat dilaporkan dan membuat petugas kesehatan bisa tepat dan cepat mengambil tindakan terhadap temuan kasus Covid-19 tersebut. Karena kecepatan dalam pelaporan juga sangat menentukan kecepatan dalam penanganan kasus Covid-19 yang pada akhirnya bisa membantu meminimalir penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

“Para tenaga tracer ini diharapkan mampu memerankan diri pribadi dengan pelatihan yang didapatkannya. Sehingga dapat membantu pemerintah menekan bahkan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Loteng yang saat ini masih berlangsung,” imbuh Wijana seraya menambahkan pelatihan dilakukan dengan mendatangkan narasumber dari ahli surveilans Loteng. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional