Persiapkan Ujian, Sekolah Efektifkan Kegiatan Belajar Mengajar

Suasana kegiatan belajar mengajar di SMAN 10 Mataram. Pihak sekolah berupaya mengefektifkan kegiatan belajar mengajar untuk persiapan siswa mengikuti ujian sekolah.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Sekolah mengefektifkan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara tatap muka terbatas bagi siswa kelas XII untuk persiapan siswa mengikuti ujian sekolah. Ujian sekolah jenjang SMA dilaksanakan mulai pertengahan bulan Maret ini.

Kepala SMAN 3 Mataram, Sunoto pada Kamis, 4 Maret 2021 menyampaikan, pihaknya mengefektifkan kegiatan pembelajaran tatap muka terbatas bagi siswa kelas XII SMAN 3 Mataram. Di samping itu juga ada uji coba menjelang ujian sekolah.

Iklan

Wakil Kepala SMAN 3 Mataram, Bidang Kurikulum, Faizin menjelaskan, penilaian akhir tahun (PAT) bagi siswa kelas XII di SMAN 3 Mataram dilaksanakan mulai Kamis, 25 Februari 2021 sampai dengan Kamis, 4 Maret 2021 bersamaan dengan kegiatan pra ujian sekolah berbasis kertas dan daring di sekolah. “Kegiatan pasca-PAT dan Pra-US sampai dengan hari Senin, 15 maret 2021 yaitu kegiatan pemberian tugas atau penugasan sebagai salah satu komponen nilai ijazah,” jelasnya.

Faizin juga menambahkan, pihaknya melaksanakan kegiatan pendalaman atau pengayaan materi ujian sekolah. Kegiatan ujian sekolah utama di SMAN 3 Mataram akan dimulai pada hari Selasa, 16 Maret 2021 sampai dengan Selasa, 23 Maret 2021.

Dihubungi terpisah, Wakil Kepala SMAN 10 Mataram, Bidang Kurikulum, Tamrin menjelaskan, pihaknya tidak melaksanakan persiapan khusus untuk ujian sekolah. Siswa hanya masuk mengikuti kegiatan belajar mengajar secara tatap muka terbatas sampai menjelang ujian sekolah. Ujian sekolah di SMAN 10 Mataram dimulai pada Selasa, 16 Maret 2021.

Selain itu, untuk kegiatan penilaian akhir semester genap bagi kelas XII, menurut Tamrin akan diambil dari nilai harian siswa, tugas-tugas dan lainnya dari masing-masing mata pelajaran. “Jadi tidak dijadwalkan,” jelasnya.

Ujian sekolah jenjang SMA akan dimulai pada pertengahan bulan Maret 2021, tepatnya dalam rentang waktu mulai 15 Maret sampai dengan 3 April 2021. Sekolah bisa memilih tanggal dalam rentang waktu tersebut disesuaikan dengan kondisi sekolah. Sekolah melaksanakan ujian sekolah secara tatap muka, tetapi jika tidak mendapatkan izin dari satgas Covid-19 di kabupaten/kota maka ujian sekolah dilaksanakan secara daring.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Drs. Lalu Muhammad Hidlir menjelaskan, pelaksanaan ujian sekolah akan dilaksanakan secara tatap muka bagi siswa kelas XII, tetapi jika sekolah berada di daerah atau kecamatan zona merah, pihak sekolah harus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 di kabupaten/kota. Jika tidak diizinkan menggelar ujian sekolah secara tatap muka, maka sekolah bisa melaksanakan ujian sekolah secara daring. “Harus ada rekomendasi dari Satgas,” ujar Hidlir. (ron)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional