Perpustakaan SMAN 1 Praya Raih Akreditasi Predikat A

Kegiatan akreditasi Perpustakaan SMAN 1 Praya secara online melalui aplikasi zoom beberapa waktu yang lalu. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Perpustakaan SMA Negeri 1 Praya terus berbenah dari hari ke hari. Fasilitas dilengkapi, koleksi ditambah, pelayanan semakin prima. Hal tersebut dilakukan untuk menjadikan perpustakaan SMA Negeri 1 Praya sebagai pusat belajar, informasi serta literasi bagi warga sekolah maupun warga di sekitar lingkungan sekolah.

Demikian disampaikan Kepala SMAN 1 Praya H. M. Amrullah, Jumat, 17 Juli 2020. Menurutnya, keberadaan perpustakaan harus jadi tempat yang nyaman bagi setiap orang untuk membaca. Mengingat fungsi perpustakaan sebagai sumber informasi, suasana demikian harus dibangun agar pengunjung jadi betah.

Iklan

“Menata perpustakaan itu tidak semata untuk keperluan perlombaan, tetapi yang lebih penting adalah untuk menjadikan perpustakaan sekolah sebagai pusat informasi, pusat belajar dan pusat kegiatan literasi bagi seluruh warga sekolah maupun masyarakat di sekitar lingkungan sekolah,” terangnya.

Setelah melengkapi seluruh berkas, perpustakaan SMAN 1 Praya mengajukan akreditasi secara mandiri ke Perpustakaan Nasioal. Proses penilaian oleh asesor dilaksanakan secara daring (dalam jaringan) melalui aplikasi Zoom. Akreditasi secara online dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2020 lalu.

Dituturkan Amrullah, setelah melalui proses penilaian yang panjang, akhirnya tim asesor dari Perpustakaan Nasional memberikan nilai 91,25 dengan predikat A. Nilai itu terangnya sangat membanggakan bagi sekolah.

Sertifikat dengan nomor 01015/LAP.PS/VII.2020 diterbitkan pada tangga 7 Juli 2020 oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang menerangkan bahwa Perpustakaan SMA Negeri 1 Praya terakreditasi A. (dys)