Perpustakaan NTB Kini Punya Koleksi 66 Buku dan Dokumen Demokrasi dan Pemilu di NTB

Ketua KPU NTB Suhardi Soud, dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB, Julmansyah, saat serah terima koleksi Buku dan Dokumen Demokrasi dan Pemilu di NTB, di kantor KPU NTB, Selasa, 8 Juni 2021. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – KPU NTB menyerahkan buku serta dokumen yang terkait penyelenggaraan demokrasi di NTB kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB. Ini ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan oleh Ketua KPU NTB Suhardi Soud, SE kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov NTB, Julmansyah, S. Hut., M.A.P, di kantor KPU NTB, Selasa, 8 Juni 2021.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KPU NTB, memberikan apresiasi terhadap keterbukaan dan respons Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, agar dokumen dan buku dokumentasi penyelenggaraan demokrasi di NTB dapat dibaca oleh banyak orang.

Iklan

Suhardi melanjutkan, selama ini cukup banyak dokumen yang dihasilkan, akan tetapi baru sekarang hasil dokumentasikan disampaikan secara resmi kepada OPD pengelola koleksi perpustakaan dan arsip.

Adapun penyerahan tersebut sebanyak 66 judul dokumen/buku dengan total 1.746 eksemplar. Selanjutnya dokumen ini akan dipilah atau disortir oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, mana yang menjadi arsip statis dan mana dokumen yang menjadi koleksi perpustakaan. Dokumen yang turut diserahkan meliputi terbitan dari tahun 2014 – 2020.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB, mengatakan sangat mengapresiasi upaya KPU untuk menyerahkan karya cetak karya rekam sebagai koleksi perpustakaan. Disamping itu, ujarnya, KPU sebagai pencipta arsip menyerahkan arsip statis kepada lembaga kearsipan daerah.

Lebih lanjut, Julmansyah mengatakan dokumen-dokumen ini akan memperkaya koleksi dan khazanah perpustakaan kita, sehingga akan memudahkan pemustaka, para peneliti, mahasiswa dan masyarakat umum dalam mengakses sumber informasi dan koleksi bacaan.

Langkah ini diharapkan dapat menstimulus lembaga lain maupun OPD Provinsi untuk mulai sadar arsip dan menyerahkan karya cetak karya rekam kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan NTB.

Julmansyah berharap, dokumen dan buku yang kini menjadi koleksi perpustakaan NTB bisa cukup memberikan andil dalam upaya membangun literasi atau pendidikan politik di NTB. Ia pun mengajak masyarakat yang membutuhkan informasi, data-data, hingga berbagai regulasi seputar demokrasi di NTB, untuk mengunjungi perpustakaan NTB. Ia pun menyebutkan sebagian koleksi yang diserahkan KPU NTB. Antara lain, Sketsa Pemilu Serentak Tahun 2019 di NTB, Pemilu Dalam Angka Tahun 2014 – Pemilu Anggota DPRD Provinsi NTB, Potret Pemilu Presiden dan Wakil Presiden di Provinsi NTB Tahun 2014, Pola Penyebab Suara Tidak Sah Pilpres 2014 di Provinsi NTB, Profil Anggota dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi NTB Terpilih Hasil Pemilu Serentak Nasional Tahun 2019, Potret Pemilu Legislatif ProMnsi NTB Tahun 2014, Pemilu Dalam Angka Tahun 2014 – Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Dalam Angka Tahun 2014 – Pemilu Anggota DPD Rl, Grafika Elektoral lnfografis Pemilu Tahun 2019 di Provinsi NTB, Profil Anggota DPRD Provinsi NTB Periode Tahun 2009-2014, Laporan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2009, Profil Anggota DPRD Provinsi NTB Hasil Pemilihan Umum Tahun 2014, Pemilu Untuk Pemula – Siap Menjadi Pemilih – Memilih dengan Cerdas dan Cermat, dan berbagai koleksi lainnya. (aan/r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional