Perpustakaan Kampus di NTB Menuju Standar Nasional

Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah di tengah-tengah petinggi perguruan tinggi di Lombok menunjukkan naskah MoU dengan Perpusnas (foto kiri). Perwakilan 10 kampus di Pulau Sumbawa menunjukkan nota kesepakatan dengan Perpusnas RI. (foto kanan). (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Perpustakaan Nasional RI sudah menjalin kerjasama dengan18 kampus di NTB.  Tindaklanjutnya, pemberian koleksi buku berbagai judul sebagai bentuk stimulan agar semua perpustakaan kampus dapat memenuhi standar nasional.

Ini sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 43 tahun 2007 pasal 24 tentang penyelenggaraan  Perpustakaan Perguruan Tinggi yang sesuai dengan standar nasional.

Iklan

Ke depan, target ini harus dicapai karena rujukannya regulasi yang harus dilaksanakan. Namun dalam rangka pencapaian itu, perpustakaan kampus tidak bisa dilepas begitusaja.  Harus dilakukan pembinaan oleh  Perpustakaan daerah dengan monitoring dan evaluasi dari Perpusnas.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Nasional RI, Drs. Nurcahyono, SS, M.Si mengatakan, ada beberapa terobosan yang dilakukan pihaknya untuk tujuan pembinaan perpustakaan perguruan tinggi.

Seperti pemberian stimulan berupa koleksi berbagai jenis buku, penyerahan mobil keliling ke Pemprov NTB melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB, termasuk dorongan digitaliasi perpustakaan.

Tujuan dari program ini adalah menuju target Norma, Standar, Prosedur, Kriteria (NSPK).

Menurutnya, ini merupakan salah satu upaya menyamakan persepsi di antara Perpusnas RI, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi NTB dengan 18 kampus yang dilibatkan dalam kesepakatan kerja sama.

“Dengan adanya NSPK Perpustakaan Perguruan Tinggi ini diharapkan dapat bermanfaat untuk para pengelola Perpustakaan agar memudahkan dalam melakukan upaya layanan terbaik bagi para pemustaka di lingkungannya,” ujar Nurcahyo.

Hal ini sejalan dengan tugas pihaknya, melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, fasilitasi, pelaksanaan bimbingan teknis, supervisi, dan evaluasi dan pelaporan di bidang pengembangan dan pembinaan perpustakaan sekolah/madrasah dan perpustakaan perguruan tinggi. (red)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional