Perpustakaan Desa Embung Kandong Juara Tiga Nasional

Sekda Lotim, Drs. H. M. Juaini Taofik, mengikuti pengumuman lomba Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Tingkat Nasional yang diumumkan secara virtual pada Selasa, 20 Oktober 2020.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Perpustakaan Desa Andalan, Embung Kandong, Kecamatan Terara berhasil meraih juara ke-3 dalam Lomba Perpustakaan Umum Desa/ Kelurahan Tingkat Nasional yang diumumkan secara virtual pada Selasa, 20 Oktober 2020. Pengumuman ini diikuti Sekretaris Daerah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur. Perpustakaan Desa Embung Kandong mewakili NTB meraih juara ke-tiga untuk klaster C.

Perpusdes Embung Kandong yang didirikan pada 2014 ini berhasil mewakili NTB setelah menang di tingkat Kabupaten Lotim pada Lomba Perpustakaan Desa akhir tahun 2019 lalu dan melaju hingga tingkat nasional. Perpustakaan yang memiliki koleksi sebanyak lebih dari tiga ribu eksemplar dengan 1.327 judul buku ini meraih sukses berkat dukungan seluruh elemen, termasuk masyarakat setempat.

Iklan

Lomba yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional RI pada 8 Oktober lalu merupakan bentuk motivasi dan apresiasi terhadap penyelenggaraan dan pengembangan pengelolaan perpustakaan desa/kelurahan. Lomba ini juga dimaksudkan memacu kreativitas para pengelola perpustakaan desa/kelurahan dalam meningkatkan mutu dan intensitas layanan perpustakaan bagi masyarakat pedesaan agar terwujudnya kesejajaran dalam memperoleh informasi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Lombok Timur, H. Marwan menyampaikan poin penting yang dimiliki Perpustakaan Andalan adalah keaktifan kepala desa dan pengelola perpustakaan untuk memajukan perpustakaan tersebut. Bahkan lokasi perpustakaan yang jauh dari perkampungan tidak menyebabkan perpustakaan ini minim kunjungan.

Justru Perpustakaan mampu membangkitkan keinginan masyarakat untuk berkunjung dan mengakses layanan perpustakaan ini.  Diharapkan keberhasilan Perpustakaan Desa Embung Kandong dan Perpustakaan Desa Rempung yang sebelumnya juga berhasil meraih juara I dapat menjadi motivasi bagi desa lainnya di daerah ini untuk meningkatkan layanan perpustakan yang diharapkan pula dapat berimbas terhadap peningkatan kualitas SDM dan kesejahteraan masyarakat.

Kades Embung Kandong, Reman Rusdi, kepada Suara NTB mengaku bersyukur dan terharu atas terpilihnya Perpusdes Andalan Embung Kandong juara III nasional. Capaian ini menjadi motivasi untuk terus melakukam inovasi untuk masyarakat setempat.

Hal senada disampaikan, Kepala Perpustakaan Desa Embung Kandong, Dwi Rahayu Susanti,MSi, baginya lomba ini ekstensinya adalah bagaimana ikut memajukan desa melalui perpustakaan. Ke depan, Pemdes Embung Kandong menjadikan perpustakaan sebagai pusat belajar dan pusat informasi serta menggerakkan literasi untuk kesejahteraan masyarakat. (yon)