Peroleh Dana Rp1,8 Miliar, Kelurahan Diminta Fokus Tangani Kemiskinan

Ahyar Abduh (Suara NTB/viq)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 50 kelurahan di Mataram diminta fokus tangani masalah kemiskinan. Dana yang dialokasikan ke kelurahan mencapai Rp1,8 miliar per kelurahan diharapkan mampu memberikan efek baik terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh mengatakan, sesuai dengan hasil Musrenbang kota Mataram tahun 2021 sebagai bentuk kewajiban konstitusional, penurunan angka kemiskinan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh. Baik di tingkat Lingkungan, Kelurahan, dan tingkat OPD.

Iklan

Kita juga tekankan pemanfaatan dana kelurahan yang cukup besar agar benar-benar tercapai dan tepat sasaran di bidang pemberdayaan masyarakat. Selanjutnya, saya ingatkan kepada semua OPD, pekerjaan program untuk 2020 ini agar bisa dieksekusi tepat waktu dan harus disiapkan segera dokumennya, kata Ahyar, Rabu, 5 Februari 2020.
Dikatakan Walikota, untuk program-program yang memiliki urgensi yang tinggi untuk pemanfaatan kepada pemberdayaan masyarakat harus disegerakan. Ada pun kelurahan, diminta terus fokus menganggarkan dana kelurahan untuk menurunkan laju kemiskinan di Mataram.

Di samping itu, semua lurah dan Kaling tidak boleh terpengaruh adanya agenda politik Pilkada Mataram yang digelar Oktober tahun ini. Tidak boleh masuk ranah politik. Apalagi sampai ada yang terkotak-kotak. Tapi, saya yakin itu tidak ada. Kita juga minta secara maksimal, sepenuhnya bekerja, katanya.

Pelayanan ke masyarakat juga harus ditingkatkan. Kaling juga ikut aktif mengikuti bagaimana pelaksanaan dana kelurahan. Karena dalam pertumbuhan ekonomi, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan SDM harus lebih baik, jelasnya.
Untuk semua OPD, pelaksanaan pembangunan infrastruktur juga harus diperhatikan. Pasalnya, pembangunan infrastruktur menjadi pekerjaan rumah yang juga harus diperhatikan progresnya.Infrastruktur ini tumben masuk ke MPBM, dan ini menjadi PR di dalam rencana kerja pemerintah daerah untuk 2021, tutup Ahyar. (viq)