Permintaan Banyak, Kuota Penerbitan Paspor LTSP Lotim Sedikit

Selong (Suara NTB) – Sejak diresmikan pada bulan Januari 2018 lalu, keberadaan Layanan Terpadu Satu Pintu (LTSP) Lotim yang terletak di kompleks Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lotim disambut baik oleh masyarakat, terutama yang berangkat menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Hanya saja, kuota untuk penerbitan paspor di LTSP Lotim masih sedikit, sementara permintaan cukup banyak untuk perharinya.

Kepala Disnakertrans Lotim, Andika Istujaya menegaskan jika keberadaan LTSP saat ini sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan. Hanya saja, untuk penerbitan paspor CTKI masih terbatas yakni di angka 50 keping. Sementara jumlah permintaan cukup tinggi atau di angka 100 lebih untuk per harinya. “Penerbitan paspor di LTSP kuotanya terbatas, kemarin kita minta 100 keping, namun kuota yang diberikan masih dikisaran 50 keping ,”ujarnya.

Iklan

Hal itu dikarenakan kemampuan alat yang hanya mampu mencetak 50 keping untuk per harinya. Sementara permintaan penerbitan paspor ini 100 keping ke atas per hari. Hal inilah yang terus dilakukan evaluasi agar pelayanan kepada masyarakat maksimal, terlebih khusus untuk pelayanan untuk CTKI dilayani di LTSP dan tidak lagi penerbitan paspor CTKI dilakukan di ULP Imigrasi. “Yang lain sudah berjalan dengan lancar, hanya kuota penerbitan paspor ini yang akan kita upaya supaya kuotanya ditambah,” ujarnya.

Dalam LTSP itu sendiri terdapat tujuh instansi, di antaranya BPJS, Imigrasi, BP3TKI, Disnakertrans serta beberapa instansi terkait lainnya. Dengan pelayanan di satu tempat terhadap CTKI itu, maka terwujudnya pelayanan yang bersih dengan CTKI dibekali dokumen dan pengetahuan yang lengkap. (yon)