Perluas Jangkauan, KPU NTB Luncurkan Pendidikan Pemilih Berbasis Digital

Suhardi Soud. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Menyongsong Pemilu 2024 dalam rangka meningkatkan kesadaran berdemokrasi dan Pemilu di tengah masyarakat. KPU terusan melakukan kegiatan pendidikan pemilih secara berkelanjutan. Dari dari metode konvensional, KPU terus melakukan inovasi berbasis digital.

Dengan semakin banyaknya basis pemilih serta tumbuhnya generasi pemilih pemula yang dapat dikategorikan sebagai generasi milenial yang sangat melek terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Disadari menjadi tantangan bagi KPU Provinsi NTB sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk menghadirkan pendidikan pemilih yang tepat metode dan berkesinambungan.

Iklan

“Diera milenial, pendidikan pemilih tidak dapat hanya mengandalkan pada metode yang konvensional, berupa kegiatan tatap muka. Makanya KPU Provinsi NTB dalam membantu mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya demokrasi dan pemilu lewat digitalisasi,” ujar Ketua KPU NTB, Suhardi Soud.

KPU NTB sendiri memiliki Rumah Pintar Pemilu (RPP) dengan konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan khusus untuk melakukan seluruh program edukasi kepada masyarakat akan pentingnya demokrasi dan pemilu.

“Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di rumah pintar pemilu. Untuk menjalankan fungsi itu berbagai hal tentang pemilu dan demokrasi dapat disampaikan melalui penayangan audio visual, ruang pamer, ruang simulasi dan ruang diskusi,” ungkapnya.

Hanya saja menurutnya keberadaan RPP masih perlu dievaluasi mengingat semakin minimnya kunjungan masyarakat ke RPP. Karena itu RPP perlu berbenah untuk menarik minat pengunjung dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat di wilayah Provinsi NTB. Salah satunya melalui digitalisasi materi RPP dalam bentuk Dekstop Touch Screen yang berada di KPU Provinsi NTB dan mobile RPP.

“Implementasi mobile RPP di KPU Provinsi NTB bernama Bale Pemilu Digital. Keunggulan Bale Pemilu digital yakni terletak pada kemudahan dalam mengupdate dan menyimpan informasi. Sehingga informasi yang akan disajikan ke pengunjung RPP adalah informasi terbaru dan dapat diakses dari mana saja dan Kapan saja dengan desain yang lebih menarik serta informasi yang lama masih bisa tersimpan dengan rapi untuk diakses,” jelasnya.

Lebih-lebih di tengah Pandemi, digitalisasi Pemilu makin menjadi kebutuhan. “Sedangkan pemilihan teknologi touch screen dimaksudkan agar pengguna lebih mudah untuk mengakses informasi sesuai minat dan selera yang sedang berkunjung ke kantor KPU Provinsi NTB,” pungkasnya. (ndi)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional