Perlu Sinergi, Jadikan Kawasan Pantai di Mataram sebagai Destinasi Wisata

Mataram (suarantb.com) – Walikota Mataram menghajatkan 9 kilometer kawasan pantai di Kota Mataram menjadi destinasi wisata. Kawasan tersebut termasuk Pantai Tanjung Karang, Pantai Gading, Pantai Loang Baloq dan sembilan kilometer kawasan pantai sekitarnya. Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Mataram, H. Abdul Latif Nadjib, Rabu, 7 Desember 2016.

Namun menurut Latif, hajat walikota tersebut dapat diwujudkan dengan adanya sinergitas antar SKPD-SKPD terkait untuk menyediakan akses dan fasilitas pendukung di kawasan tersebut. Terutama untuk membangkitkan kembali destinasi-destinasi wisata pantai yang telah mati dan tidak lagi dikunjungi oleh wisatawan lokal. Penataan kembali destinasi wisata tersebut harus melibatkan beberapa SKPD, seperti SKPD yang menyediakan akses jalan, penataan lapak PKL, penanganan kebersihan, dan lainnya.

Iklan

Latif menyebutkan, Disbudpar Kota Mataram sendiri hanya bertugas dalam penataan fasilitas wisata yang ada dan penyedia fasilitas pendukung lainnya, seperti gazabo, toilet, dan lain sebagainya. Sementara ini, pihaknya masih menyusun rencana penataan kawasan pantai tersebut sembari berkoordinasi dengan SKPD terkait dan masyarakat setempat.

“Kita masih menyusun. Kita sendiri kan hanya bertugas bagian penataan fasilitas yang ada. Sementara yang lain, seperti pedagangnya nanti Diskoperindag, jalan dan fasilitas umum itu Dinas PU, dan SKPD-SKPD terkait lainnya,” paparnya.

Ia menjelaskan, Disbudpar Kota Mataram dengan adanya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru di tahun 2017, bertanggung jawab pada pembenahan destinasi wisata yang ada dan tidak memprogramkan pembangunan fisik. Secara spesifik, Disbudpar Kota Mataram di tahun 2017 mendatang akan mulai membenahi kawasan Kota Tua Ampenan, Pasar Seni dan Taman Rekreasi Loang Baloq.
“Kita coba dulu, tidak mesti harus semua. Karena kalau semua belum tentu kita mampu,” pungkasnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here