Perkuat Sinergi Membangun Ekosistem Permesinan di NTB

Peninjauan lapangan IKM mesin di Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov NTB memperkuat sinergi dengan seluruh stakeholders di kabupaten/kota, khususnya dalam rangka membangun pondasi industri permesinan yang diharapkan tercapai tahun ini. “Basis industrialisasi NTB adalah IKM permesinan, jadi IKM permesinan harus diperkuat untuk membentuk ekosistem industri,’’ kata Kepala Dinas Perindustrian Provinsi NTB, Nuryanti, SE., ME., dalam kunjungan kerja didampingi Tim Disperin NTB dan Sekretaris Disperindag Kabupaten Lombok Barat, Lalu Agha Farabi dalam kunjungan ke IKM Permesinan Oke Las, di Sandik Batu Layar, Kamis, 14 Januari 2021.

Kunjungan bersama ke pelaku IKM mesin ini merupakan bentuk monitoring terhadap perkembangan IKM di NTB. Kegiatan seperti ini harus sering dilakukan oleh para pengambil kebijakan agar kebijakan yang diambil dapat tepat sasaran dan bermanfaat untuk mendorong tumbuh kembangnya IKM di NTB. Membangun kolaborasi dengan seluruh pihak adalah penting, namun memantau progresnya agar berjalan sesuai dengan rencana pun adalah elemen yang tidak bisa dihilangkan.

Iklan

Ekosistem industri, sebagaimana diharapkan, adalah hasil dari sebuah proses panjang bersama seluruh pihak dalam mewujudkan NTB Gemilang. Memperkuat IKM permesinan diartikan sebagai membangun jejaring kerjasama dengan IKM pengolahan komoditas untuk menghasilkan sebuah mesin yang memang dibutuhkan untuk melakukan proses olahan komoditas di NTB. Ibarat mahluk hidup, sebuah mesin adalah jasad fisik yang membutuhkan roh mengenai olahan komoditas seperti apa yang dibutuhkan untuk dijalankan oleh mesin tersebut.

Kolaborasi antar IKM ini menjadi penting, karena sebuah mesin yang diproduksi oleh IKM permesinan menurutnya tak mampu menghasilkan sebuah produk olahan yang diinginkan, jika tidak melibatkan IKM lainnya. Salah satu contoh kolaborasi IKM mesin adalah kerjasama antar IKM kopi dengan IKM elektronika menghasilkan mesin roasting kopi dengan sistem pengatur suhu yang bisa dikontrol menggunakan aplikasi android.

Mesin roasting kopi dengan pengatur suhu berbasis android tadi adalah cikal bakal heterogenitas elemen industri yang saling berkolaborasi. Ke depannya, kolaborasi antar IKM di NTB akan terus dibangun untuk membentuk kolaborasi makro yang berkelindan membentuk satu kesatuan ekosistem industri. Lebih lanjut kata kepala dinas, membangun ekosistem industri adalah implementasi terbaik dalam hal kolaborasi.

Tidaklah mungkin sebuah ekosistem merupakan sebuah entitas yang homogen, sebuah ekosistem yang baik pastinya heterogen dan terdiri dari banyak elemen yang membentuk satu keterkaitan. Hal inilah yang didorong bersama dengan sinergi bersama seluruh stakeholders. Dukungan Pemerintah dalam hal ini Pemprov dan Pemkab sebagai pengawal kebijakan terkait kolaborasi dan peletakan konsep dasar ekosistem industri ini diakui sangat diharapkan oleh para IKM di NTB.

Dukungan dalam bentuk bantuan peralatan, pembukaan akses pasar dan dukungan mesin-mesin pendukung lainnya. Harapannya, dengan dukungan kebijakan dan kebutuhan para IKM dan koordinasi yang baik dengan seluruh pihak di kabupaten/kota, maka ekosistem industrialisasi yang ingin diselesaikan pondasinya di tahun 2021 dapat segera terwujud.(bul)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional