Perkuat Sektor Pertanian, PLN Kembali Nyalakan “MCB On Game” Serentak di 14 Titik

Penyalaan serentak MCB On Game untuk mendukung peningkatan ketahanan pangan NTB. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB)-PLN Unit Induk Wilayah kembali melaksanakan penyalaan serentak 14 pelanggan Electrifying Agriculture MCB On Game di lokasi tersebar di Provinsi NTB, Rabu, 25 November 2020. Acara dipusatkan di wilayah Kelompok Petani Buah Naga di Dusun Dasan Baru Timur, Desa Murbaya, Kecamatan Pringgarata, Kabupaten Lombok Tengah.

Penyalaan serentak MCB On Game kali ini dilakukan di 14 titik lokasi pelanggan di wilayah tersebar di NTB dengan jumlah total daya terpasang sebesar 104.300 VA. Sejak program ini diluncurkan, terdapat 28 pelanggan MCB On Game dengan total daya 271.900 VA.

Petani Buah Naga di Lombok Tengah ini merupakan salah satu kelompok yang menikmati kemudahan layanan untuk memperoleh listrik dari PLN Unit Induk Wilayah NTB, yaitu melalui program MCB On Game. Masih mengunggulkan fleksibilitas layanan untuk ketahanan pangan, program ini dilakukan untuk mendongkrak penghasilan petani buah naga dan menjamin pola produksi buah naga yang berkelanjutan.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTB, Lasiran menjelaskan bahwa dukungan terhadap peningkatan ketahanan pangan ini tak hanya dilakukan di sektor pertanian, namun juga di bidang perkebunan dan peternakan yang hingga di masa pandemi saat ini masih tumbuh. Utamanya adalah dalam kemudahan akses mendapatkan listrik guna peningkatan taraf ekonomi masyarakat.
“Ini kedua kali kami menyalakan serentak di NTB program MCB On Game. Tujuannya karena keuntungannya sangat banyak, terutama bagi pelaku usaha,” ujar Lasiran.

Lasiran berharap dengan adanya program ini, akan mampu mendorong peningkatan taraf perekonomian di berbagai lini, terutama bagi pelaku usaha yang memanfaatkan berbagai program-program unggulan yang ada di PLN.
Layanan MCB On Game, adalah inovasi PLN NTB untuk Menunjang Program Electrifying Agriculture. Layanan ini dikhususkan bagi pelaku usaha di segmen pertanian, pertambakan,perkebunan dan peternakan. Selama ini, pelaku usaha di bidang tersebut, khususnya yang jauh dari jaringan listrik, prosesnya masih konvensional dan menggunakan bahan bakar minyak.

Melalui layanan MCB On Game ini, dapat memberikan kemudahan untuk memperoleh listrik. Terutama bagi pelaku usaha, petani dan peternak yang berlokasi jauh dari jaringan listrik untuk modernisasi dan efisiensi biaya operasional serta peningkatan produktifitas, yaitu dengan penggunaan sistem layanan khusus.

Layanan ini juga memberikan fleksibilitas layanan, sesuai dengan periode panen ataupun produksi. Ketika tidak masuk musim panen, maka layanan listrik dapat dinonaktfikan sehingga tidak perlu ada tagihan utk penggunaan listrik. Proses permohonan pasang baru sama sepert permohonan reguler, yaitu melalui CC 123, website PLN datang langsung ke kantor layanan PLN.
Sementara itu, Camat Pringgarata, H. Masnun mengapresiasi PLN yang telah melayani dan memberikan prioritas kepada warga masyarakatnya.

“Ketergantungan masyarakat akan listrik sangat tinggi. Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi serta penghargaan setinggi-tingginya kepada PLN yang telah memberikan perhatian lebih di tempat kami,” kata H. Masnun.

H. Masnun pun berharap kegiatan tersebut dapat terus dikembangkan. Tidak hanya pada budi daya buah naga saja, tapi hingga pengolahan hasil dan industrialisasinya.

“Semoga ke depan kami dapat bersinergi dengan semua pihak, sehingga kita bisa memaksimalkan pengolahan hasil dan juga melakukan industrialisasi,” jelas H. Masnun.(bul)