Perkuat Program Unggulan, Stikes Yarsi Mataram Gelar Kuliah Umum

Suasana Kuliah Umum atau Public Lecture Stikes Yarsi Mataram bersama Pengurus Pusat IMANI-PROKAMI sekaligus pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah secara virtual.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) –  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Yarsi Mataram sebagai perguruan tinggi bernuansa Islam di Indonesia menyelenggarakan Kuliah Umum atau Public Lecture bersama Pengurus Pusat IMANI-PROKAMI sekaligus pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah. Kuliah Terbuka dengan tema Peran Profesional Kesehatan dalam Mengembangkan Pelayanan Syariah ini merupakan bagian dari program meningkatkan literasi dan unggulan Stikes Yarsi Mataram dalam mencapai visi misi profesional, islami, dan berdaya saing di tingkat nasional maupun international .

Salah satunya dengan memperkuat unggulan dalam kurikulum guna memberian pelayanan kesehatan pada pasien dan masyarakat umum. Ketua Stikes Yarsi Mataram, H. Zulkahfi, S.Kep.,Ners., M.Kes., menyebut program ini merupakan agenda rutin dari Stikes Yarsi Mataram dalam menyambut tahun akademik baru dan memperkenalkan kepada mahasiswa baru program unggulan yang nantinya akan menjadi pembeda lulusan Stikes Yarsi Mataram dengan lulusan dari perguruan tinggi lain. Sekaligus ia memberikan beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan dalam pelayanan kesehatan syariah.

Iklan

“Melalui kegiatan ini kami berharap lulusan Stikes Yarsi Mataram mempunyai perbedaan dengan lulusan lain, bukan hanya dari segi kompetensi dan keterampilan saja, tetapi juga dari segi pelayanan yang dapat meningkatkan kepuasan pada pasien,” kata H. Zulkahfi pada Senin, 13 September 2021.

Aktivitas kuliah terbuka itu diisi oleh pemateri dari PROKAMI-IMANI Divisi Keperawatan Sekaligus Pengurus Pusat  Masyarakat Ekonomi Syariah yaitu  Dr. Budhi Mulyadi, Ns.,M.Kep.,Sp.Kep.Kom.

Wakil Ketua 1 Bidang Akademik Stikes Yarsi Mataram, Irwan Hadi, Ns,.M.Kep., yang sekaligus menjadi moderator dalam acara tersebut menyebutkan program Kuliah Terbuka ini merupakan ikhtiar bersama untuk meningkatkan pemahaman tenaga kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan syariah terutama di rumah sakit dan merupakan kurikukum unggulan dan mata kuliah institusi di Stikes Yarsi Mataram.

“Insya Allah melalui kegiatan ini kami berharap menjadi awal yang baik untuk memberikan pemahaman tentang pelayanan kesehatan syariah dan juga mengenalkan unggulan kurikulum kepada mahasiswa baru agar sejak dini menyiapkan diri untuk bekerja dengan nilai-nilai islami dan pelayanan kesehatan baik perawat maupun bidan dengan nilai-nilai Islami dengan Pelayanan Kesehatan Syariah,” ujar Irwan.

Selain mahasiswa, kegiatan tersebut juga diikuti oleh para alumni Stikes Yarsi Mataram dan tenaga kesehatan. Dalam sesi tanya jawab, beberapa alumni menanyakan penerapan kesehatan syariah, baik itu di ruang operasi maupun diruang rawat inap. “Bagaimana bentuk intervensi yang dapat diberikan kepada pasien dalam meningkatakan Kualitas Pelayanan Syariah,” ujar Emilia Sady Rasyid, alumni Stikes Yarsi Mataram sekaligus perawat dari RS Biomedika Mataram.

Selain itu, para alumni dan stakeholder juga memberikan apresiasi kepada Stikes Yarsi Mataram yang telah menyelenggarakan kuliah umum ini dan memberikan saran menjadi Pusat Pengembangan Kesehatan Syariah di Indonesia.

 Tercatat selama acara kuliah umum berlangsung dihadiri oleh 497 peserta secara virtual dan dapat diikuti melalui kanal YouTube Akademik Stikes Yarsi Mataram.

Stikes Yarsi Mataram senantiasa ingin memberikan dan meningkatkan kualitas lulusan yang berbeda dengan yang lain terutama dalam unggulan, karena melihat NTB pada khususnya merupakan daerah dengan mayoritas Muslim. Dan tentunya membutuhkan pelayanan kesehatan sesuai dengan syariahnya. Selain itu juga dapat menjadi pelayanan kesehatan yang berbasis kearifan lokal dalam menunjang pariwisata medis atau medical tourism yang akan diterapkan.

Stikes Yarsi Mataram akan menjadi salah satu perguruan tinggi yang mampu mengembangkan pelayanan kesehatan syariah di Indonesia. Ke depannya Stikes Yarsi Mataram siap berkolaborasi dan sinergi dengan semua pihak untuk memperluas pelayanan syariah di Indonesia, sekaligus menjawab kebutuhan dan harapan dari masyarakat yang menginginkan pelayanan kesehatan berbasis syariah.

Stikes Yarsi Mataram saat ini membuka program Studi Pendidikan Ners tahap Akademik (Sarjana/S1) dan Profesi, D3 Keperawatan, D3 Kebidanan dan S1 Kebidanan dan Profesi Bidan. Saat ini sedang fokus melakukan pengembangan, baik institusi maupun program studi. (r/ron)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional