Perkuat Kemampuan Bahasa Inggris, SMAN 2 Sumbawa Besar Gelar Pelatihan TOEFL

Pelaksanaan kegiatan pelatihan dan prediksi tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau TOEFL yang dilaksanakan SMAN 2 Sumbawa Besar pada bulan November lalu.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – SMAN 2 Sumbawa Besar menggelar pelatihan dan prediksi tes bahasa Inggris sebagai bahasa asing atau Test of English as a Foreign  Language (TOEFL) pada bulan November lalu. Sebanyak 108 siswa dari kelas X sampai dengan XII dan 30 orang guru mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala SMAN 2 Sumbawa Besar, Sahyuddin, S.Pd., MA.TESOL., pada Kamis, 2 Desember 2021 menjelaskan, siswa dan guru diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum mengikut tes. Materi dan tes yang diberikan berupa materi listening, writing,dan structure. Ia menjelaskan, kegiatan ini untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa dan guru.

Iklan

“Ini akan dilaksanakan setiap tahun. Untuk tahun ini peserta diambil dari beberapa siswa dari kelas X, XI, dan XII. Ke depan, akan difokuskan ke kelas XII. Selain untuk mengukur kemampuannya, siswa juga akan memiliki pengetahuan umum tentang TOEFL,” harap Sahyuddin.

Dengan begitu, diharapkan lulusan SMAN 2 Sumbawa mengetahui lebih awal mengenai TOEFL sebagai bagian dari persiapan mereka menempuh pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Selain itu, dengan mengenal TOEFL lebih awal, menunjukkan bahwa program di sekolah turut mendukung program dari Gubernur dan Wakil Gubernur NTB yaitu 1000 cendekia. Program itu berupa pengiriman mahasiswa ke perguruan tinggi di luar negeri.

“Siswa akan memiliki bekal kemampuan berbahasa Inggris. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dari para siswa,” ujarnya.

Para siswa dan guru diberikan pelatihan terlebih dahulu sebelum mengikuti tes. “Peserta mengetahui seperti apa TOEFL, pelatihan dari guru bahasa Inggris termasuk saya,” ujar Sahyuddin. (ron)

Advertisement