Perkembangan Portal NTB Satu Data, Terkumpul 2.000 Jenis Data, Diakses 100.000 Netizen

Tampilan laman portal NTB Satu Data yang memudahkan akses masyarakat.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Portal NTB Satu Data  mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu. Respons Organisasi Perangkat Daerah (OPD)  sebagai sumber data sektoral semakin baik.

Tahun 2020 lalu, data yang terkumpul kurang dari 1.000 jenis. Tahun 2021,  perkembangannya lebih pesat. Setelah melalui proses klinis, terkumpul 2.000 jenis data. ‘’Itu adalah data-data yang diproduksi  dan terkumpul dari OPD-OPD di Pemprov NTB,’’ ujar Kabid Statistik Diskominfotik Provinsi NTB, Najib, SH.

Iklan

Dua jenis data yang terkumpul adalah kategori prioritas dan berkualitas. Data prioritas merupakan data statistik sektoral dengan beberapa kriteria tertentu, seperti mendukung prioritas pembangunan dalam RPJMD dan telah disepakati bersama pada rapat forum data.

Data berkualitas merupakan data prioritas yang telah dilengkapi dengan standar data dan metadata sesuai dengan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

‘’Seperti data prioritas. Artinya, data-data yang sangat dibutuhkan, kekinian, masuk kategori tertentu yang dianggap prioritas.  Seperti kebijakan Gubernur dan Wagub NTB,’’ kata Najib.

Dari hasil evaluasi kunjungan portal, menurutnya terjadi peningkatan luar biasa. Hingga Oktober 2021, portal ntbsatudata telah diakses lebih dari 100.000 pengguna internet.

‘’Ini artinya, betapa pentingnya berkaitan dengan data ini. Sehingga orang mencari data untuk kebutuhan dan kepentingan yang beragam,’’ jelasnya.

Dijelaskannya, skema portal NTB Satu data sangat mudah diakses masyarakat. Semua kepentingan berkaitan dengan itu bisa dibuka langsung melalui portal tersebut dengan fitur fitur yang mudah dipahami.

Kebutuhan masyarakat tersedia, baik untuk kepentingan penelitian, kepentingan perencanaan, studi dan lainnya. Ditanya soal akses publik terbanyak, disebutnya, tidak sedikit yang mengakses terkait program unggulan Pemprov NTB. “Seperti Posyandu, beasiswa.  Banyak diakses masyarakat,” ujarnya.

Harapannya, dengan terpusatnya sumber informasi melalui situs ini,  dapat dimanfaatkan sebaik baiknya oleh masyarakat untuk berbagai kepentingan positif. (r)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional