Perizinan Jalur Online di Mataram Minim Peminat

Mataram (Suara NTB) – Sejak enam bulan lalu Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMP2T) Kota Mataram meluncurkan pengurusan izin lewat jalur dalam jaringan (daring) atau online. Namun minat warga untuk mengurus perizinan lewat jalur ini sangat minim.

“Program online ini sekarang sudah berjalan enam bulan tapi peminatnya sangat-sangat sedikit dan saya belum temukan penyebabnya,” jelas Kepala BPMP2T Kota Mataram, Drs. Cokorda Sudira Muliarsa belum lama ini.

Iklan

Dalam rangka meningkatkan peminat, pihaknya akan segera melakukan terobosan. Ia pun mengajak warga yang ingin mengurus perizinan melalui jalur ini sehingga dari segi waktu bisa lebih efektif. “Bisa memanfaatkan fasilitas ini sehingga tak perlu lagi datang ke BPMP2T, melalui internet sudah bisa,” jelasnya.

Agar peminat pengurusan izin via jalur daring ini bisa meningkat, pihaknya berencana untuk memprogramkan satu atau dua hari khusus untuk pelayanan daring. “Saya akan buat terobosan baru, mungkin hari Kamis atau Selasa akan giring pengurus perizinan untuk menggunakan online. Tapi kami harus siap dulu dan perangkatnya ada tiga dan SDM-nya juga biar bisa melayani,” jelasnya.

Ia mengatakan di hari khusus tersebut semua pengguna akan dibimbing bagaimana menggunakan jalur daring. Diharapkan setelahnya mereka bisa memanfaatkan jalur tersebut dalam mengurus perizinan. “Kalau sehari saja bisa ajarkan pemohon bagaimana proses online, selanjutnya tidak perlu lagi datang ke Kantor BPMP2T,” jelasnya.

Cokorda mengungkapkan pihaknya juga sering mendapatkan kritik terkait pelayanan Sehati (Sehari Pasti Jadi) yang diluncurkan beberapa bulan lalu. Ia mengatakan pihaknya dikritik karena beberapa jenis izin tidak bisa rampung dalam sehari. “Saya paling sering dikritik sehari pasti jadi tapi izin tidak jadi-jadi. Setelah saya selidiki, ternyata yang kritik itu mengurus IMB,” ujarnya.

Ia mengatakan IMB tidak termasuk dalam program Sehati. Program Sehati hanya mencakup sembilan jenis perizinan di antaranya SIUP usaha mikro, TDP usaha mikro, daftar ulang SIUP, perpanjangan TDP, legalisasi izin, izin reklame insidentil, dan perpanjangan izin lokasi. (ynt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here