Peringati Hari Santri Nasional, Kemenag Ajak Anak-Anak Menulis Al-Qur’an

Mataram (suarantb.com) – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, anak-anak MTs, MA dan pondok pesantren diajak menulis mushaf Al-Qur’an. Kegiatan ini bertujuan untuk menggugah semangat dan minat santri dalam menulis huruf-huruf Al-Qur’an.

Kota Mataram sendiri akan mengadakan kegiatan ini pada Rabu, 5 Oktober 2016, berpusat di Islamic Center Mataram. Sebanyak 408 santri asal Kota Mataram akan diajak menulis mushaf Al-Qur’an, dengan masing-masing santri mendapat jatah menulis selembar mushaf. Kegiatan ini dilaksanakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram.

Iklan

Kepala Kantor Kemenag Kota Mataram, H. Burhanul Islam mengatakan, lembaran plat penulisan mushaf Al-Qur’an ini akan disediakan langsung pihaknya. Masing-masing santri akan mendapatkan satu plat. Mereka akan menulis ayat-ayat Al-Qur’an di atas plat menggunakan pensil 2B.

“Plat ini sudah ada tulisan mushafnya, santri nanti hanya tinggal menghitamkan saja dengan pensil 2B,” terangnya.

Setelah selesai dihitamkan, plat kemudian dikumpulkan. Diperkirakan, kegiatan penulisan mushaf ini akan selesai selama satu atau dua jam. Berikutnya, mushaf yang telah dikumpulkan akan dihias para juara khat Qur’an MTQ Nasional yang ke-26 yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. Barulah kemudian mushaf tersebut dicetak sebagai mushaf Al-Qur’an tulisan santri-santri se-Lombok.

Santri se-Pulau Lombok sendiri mendapat jatah penulisan Al-Qur’an sebanyak dua buah mushaf. Santri asal Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat, Lombok Utara dan Kota Mataram akan menyelesaikan dua mushaf tersebut. Kota Mataram mendapatkan porsi penulisan mushaf paling banyak, yaitu sebanyak satu seperempat Al-Qur’an, tiga perempat sisanya ditangani oleh Lotim, Loteng, Lobar dan KLU.

“Mushaf ini akan dicetak menjadi karya santri-santri Kota Mataram dan Pulau Lombok,” jelasnya. (rdi)