Peringati Hari Jadi Ke-206, Bupati Dompu ”Launching” Program Unggulan dan Ajak Warga Ikut Mendukung

Ketua MK RI, Dr H Anwar Usman, SH, MH didampingi Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu, H Syahrul Parsan, ST, MT saat memasuki arena upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Dompu 206, Minggu, 11 April 2021.(Suara NTB/ula)

Dompu (Suara NTB) – Peringatan hari jadi ke 206 Kabupaten Dompu yang diperingati setiap 11 April memberi makna restrospektif  bagi pembangunan daerah. Terlebih Kabupaten Dompu kini dipimpinan Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT sebagai Bupati dan wakil Bupati Dompu yang mengusung partisipasi masyarakat dalam mewujudkan daerah yang Mandiri, Sejahtera, Unggul, dan Relijius (MASHUR) dengan jagung, porang, padi, dan ikan (JARA PASAKA) sebagai komoditi unggulan.

 

Iklan

Upacara peringatan hari Jadi Kabupaten Dompu ke 206 di lapangan kantor Bupati Dompu ini dipimpin langsung Bupati Dompu, Kader Jaelani. Ketua DPRD Dompu, Andi Bahtiar, A.Md.Par yang membacakan pembukaan UUD 1945 dan Pj Sekda Dompu, H Moh Syaiun HAZ, SH, MSI yang membacakan sejarah singkat Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu, Kader Jaelani saat menyerahkan sapi sebagai tanda melaunching program Dompu Bersih, Hijau, dan Sehat.

Pada deretan undangan tampak hadir Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI, Prof Dr H Anwar Yusuf, putra asli NTB. Gubernur NTB diwakili Asisten 2 Provinsi NTB, Ir H Ridwansyah., dan beberapa kepala daerah seperti Bupati dan wakil Bupati Bima, Hj Indah Damayanti Putri, SE (IDP) – Drs H Dahlan, Walikota Bima, Drs H M Lutfi, Bupati Sumbawa Barat, Dr H Musyafirin dan pejabat perwakilan daerah lainnya.

Bupati Dompu dan wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani – H Syahrul Parsan, ST, MT bersama Ketua DPRD, Andi Bachtiar, A.Md.Par dan anggota forum koordinasi pimpinan daerah (FKPD) Dompu pada upacara peringatan hari jadi Dompu ke 206 ini tampak kompak dengan pakaian kebesaran tradisional Dompu.

Dalam sambutannya, Bupati mengungkapkan, berbagai kemajuan dan perubahan yang terjadi di Dompu tidak lepas dari hasil usaha dan pengorbanan pendahulu yang bahu membahu untuk membangun daerah. Sudah selayaknya untuk berterima kasih yang tulus dan ikhlas kepada para sesepuh daerah dari berbagai periode dan zaman, serta kepada pihak yang telah memberikan andil yang besar dan luar biasa untuk eksistensi keberlanjutan dan keharuman daerah ini sehingga dapat dikenal dan dikenang sepanjang zaman.

“Semoga dengan kita mengingat jasa beliau – beliau, maka terpatri rasa syukur yang dalam kepada Allah SWT atas segala anugerah dan nikmat yang diberikannya, dan berharap kita yang hidup pada zaman ini dapat menjaga, merawat dan meneruskan perjuangan mereka untuk kemajuan dan keberlanjutan pembangunan. Sehingga Dompu yang MASHUR, yang baldatun toyibatun warabun gaffur dapat kita wujudkan,” kata Bupati Dompu, Kader Jaelani.

Ketua MK melakukan foto bersama dengan FKPD Kabupaten Dompu usai launching Dompu Bersih, Hijau dan Sehat.

Melalui momen hari jadi Dompu ini, Bupati mengajak semua pihak, untuk bangkitkan partisipasi masyarakat menuju Dompu yang MASHUR. Ini mengandung semangat mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan memanfaatkan segala potensi yang dimiliki, tanpa mengabaikan pelestarian alam dan lingkungan, serta peningkatan iman dan taqwa. “Sehingga kesejahteraan yang dicapai adalah kesejahteraan yang diliputi rahmat, serta kasih sayang dari Allah SWT,” ungkapnya.

Bupati juga mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah bekerja untuk mencegah dan mengendalikan wabah Covid-19 dengan mendorong masyarakat untuk patuh dan taat pada protokol kesehatan Covid – 19, mengikuti program vaksinasi untuk memutus mata rantai penyebaran covid 19, serta keluar dari wabah pandemi covid-19. Di tengah menghadapi bencana non alam ini, Dompu juga dihadapkan dengan bencana banjir bandang di kecamatan Hu’u, Pajo, Dompu dan Woja yang menimbulkan kerugian materi yang tidak sedikit.

“Kita tidak perlu mencari penyebab dari semua ini. Yang pasti, bencana dan kerugian masyarakat tersebut disebabkan oleh ulah kita  sendiri yang tidak bijak mengelola dan memanfaatkan hutan. Untuk itu, saya ingin mengajak seluruh masyarakat kabupaten Dompu, agar mendukung program pemerintah yaitu Dompu bersih, hijau dan sehat. Dengan prinsip, kita menjaga alam, maka sudah pasti alampun akan menjaga kita,” katanya.

Momen upacara peringatan hari Jadi Dompu ke 206 ini juga dimanfaatkan Bupati untuk melaunching program Dompu bersih, hijau, dan sehat (Dompu BERJASA). Yaitu Jumat bersih, Sabtu hijau, dan Minggu sehat. Launching program ini ditandai dengan pemberian sapi lidi, bibit pohon, dan bingkisan kepada perwakilan Camat.

“Upaya – upaya ini sebagai sebuah ikhtiar bersama, agar masyarakat kabupaten Dompu terbiasa dengan menjaga kebersihan lingkungan, gemar menanam dan memelihara tanaman, baik di pekarangan maupun di lahan – lahan pertaniannya, serta dapat menjaga kesehatan dengan gemar berolahraga, melakukan pemeriksaan dini kesehatan, donor darah, dan mengkonsumsi makanan yang bergizi,” katanya.

Upacara peringatan hari Jadi Dompu tahun 2021 ini juga dirangkaikan dengan ziarah makam sultan – sultan Dompu. Ziarah makam ini diawali di makam raja terakhir Dompu dan menjadi sultan pertama Dompu yaitu Sultan Syamsuddin yang berada di lingkungan Dorompana kelurahan Kandai Satu Dompu. Bupati beserta rombongan kemudian dilanjutkan ke sultan terakhir kesultanan Dompu dan menjadi kepala daerah Swapraja dan kepala daerah swatantra Tingkat II Dompu. (ula/*)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional