Peringatan Maulid, Harga Daging Diprediksi akan Melonjak

H. Mutawalli. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah bahan pokok diprediksi akan melonjak, menyusul perayaan peringatan maulid Nabi Muhammad SAW mendatang. Salah satunya harga daging sapi dan ayam. Melonjaknya harga dipengaruhi tingginya permintaan.

Kepala Dinas Pertanian Kota Mataram, Ir. H. Mutawalli dikonfirmasi Senin, 4 Oktober 2021 menyampaikan, pihaknya telah berkoordinasi dengan agen daging dan telur di Kota Mataram. Sebagian besar pengusaha mengeluhkan banjirnya daging impor yang masuk di pasar serta merosotnya harga telur.

Iklan

Masuknya daging impor tidak bisa dihentikan, karena pengusaha mendatangkan daging sesuai rekomendasi dikeluarkan dinas pada bulan sebelumnya. “Kita datang malah agen – agen ini curhat. Kita tampung keluhan mereka karena ini masuk bulan maulid,” kata Mutawalli.

Stok daging ayam 100 ton per bulan dari total kebutuhan 120 – 200 ton per bulan. Sementara, daging sapi 20 – 22 ton per bulan. Stok ini dipastikan aman selama perayaan maulid. Justru, ia memprediksi pada momen hari besar ini akan terjadi kenaikan harga. “Biasalah hukum pasar. Semakin banyak permintaan dan penawaran semakin tinggi,” jelasnya.

Sejauh ini, harga daging ayam Rp38 ribu/kg. Untuk daging sapi lokal Rp120 ribu/kg. Kondisi ini masih terbilang normal, karena permintaan masyarakat belum terlalu tinggi.

Di satu sisi, ia mengakui pedagang daging sapi lokal justru mengeluhkan harga sapi di pasar hewan selalu naik. Hal ini tidak sebanding dengan penjualan daging di pasar. Pihaknya selalu meminta pengusaha jagal tidak tertipu dengan kondisi fisik sapi itu sendiri. Karena itu, sebelum masuk rumah potong hewan harus ditimbang dulu. “Kadang mereka hanya lihat fisiknya saja. Makanya saya suruh timbang dulu sebelum disembelih,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya tetap memberikan porsi untuk daging sapi lokal di pasaranya. Artinya, dari 120 ton kebutuhan per bulan. Daging sapi lokal diberikan porsi 30 persen dan daging impor 70 persen. Tujuannya menjaga agar terjadi keseimbangan harga di pasar. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional