Pergantian Tahun, Pelayanan Kesehatan Tetap Buka 24 Jam

Direktur RSUD Kota Mataram, H. Lalu Herman Mahaputra (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Pemkot Mataram memastikan seluruh pelayanan kesehatan baik rumah sakit dan puskesmas pada libur tahun baru tetap buka 24 jam.

Asisten I Setda Kota Mataram Lalu Martawang ditemui pekan kemarin mengatakan, perayaan tahun baru akan dilaksanakan secara sederhana. Masyarakat diharapkan memiliki sensitivitas pascabencana. Terlebih musibah tsunami yang menimpa masyarakat di Banten dan Lampung.

Iklan

“Kita rayakan sederhana,” ucapnya.

Untuk pelayanan kesehatan dipastikan tetap buka 24 jam. Rumah sakit maupun puskesmas tetap melayani masyarakat meskipun libur tahun baru. “Pelayanan kesehatan tetap siaga saat pergantian tahun,” ujarnya.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, dr. H. Lalu Herman Mahaputra menegaskan, pelayanan kesehatan di rumah sakit tetap buka. Petugas medis baik perawat dan dokter dibatasi pemberian cutinya. “Ndak boleh ada cuti. Kalaupun cuti kita batasi,” tegasnya.

Untuk pelayanan sejak dulu tidak pernah ada libur. Terutama penanganan kedaruratan. Petugas medis di instalasi gawat darurat (IGD) siaga. “Lebaran saja kita tetap layani. Kecuali pelayanan di poli,” tambahnya.

Sementara itu, Walikota Mataram H. Ahyar Abduh tidak melarang masyarakat Kota Mataram merayakan tahun baru. Dia hanya menginginkan, pergantian tahun baru dirayakan dengan sederhana.

Pergantian tahun masehi itu telah dipersiapkan oleh Pemkot Mataram hiburan rakyat. Demikian pula, titik – titik yang akan dikunjungi telah disiapkan fasilitas. “Maksud kita supaya masyarakat tidak kemana – kemana,” imbuhnya.

Euforia pergantian tahun dipastikan ada. Terutama pemuda – pemudi yang menikmati libur di objek wisata. Namun demikian, ia mengajak masyarakat sama – sama menjaga keamanan dan ketertiban. Dengan harapan, tidak terjadi hal – hal tidak diinginkan. “Kita sama – sama jadi keamanan dan ketertiban,” pintanya.

Pengamanan di malam pergantian tahun Satuan Polisi Pamong Praja diminta mengintensifkan patroli. Camat dan lurah juga turut mengontrol wilayah masing – masing. Petugas kepolisian nantinya akan mendukung. (cem)