Perekaman E-KTP Disdukcapil Sumbawa Dihentikan Sementara

Nurhadiatullah.(Suara NTB/ind)

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Pelayanan perekaman Kartu Tanda Penduduk-Elektronik (E-KTP) yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sumbawa dihentikan sementara. Hal ini guna mengantisipasi penularan Covid-19 saat perekaman berlangsung.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumbawa, Dra. Nurhadiatullah mengakui, perekaman dihentikan sementara sejak terbitnya surat edaran Bupati Sumbawa pada 20 Maret lalu. Perekaman ini tidak hanya yang dilakukan di Dinas Dukcapil tetapi juga pelayanan jemput bola di lapangan.

Iklan

“Perekaman ditunda sampai menunggu situasi sudah membaik. Yang ditunda termasuk jemput bola. Karena perekaman terjadi kontak fisik.  Seperti pengambilan sidik jari tangannya dipegang, begitupula untuk mata. Ini sebagai upaya antisipasi,”  ujarnya, Jumat, 27 Maret 2020.

Penundaan pelayanan ini, kata Nurhadiatullah, hanya berlaku untuk perekaman. Tetapi untuk mencetak E-KTP, KK dan Akta kelahiran tetap dilakukan. “Yang ditunda perekaman (E-KTP). Kecuali Sifatnya urgen untuk kepentingan buat BPJS dan lainnya tetap dilayani. Kalau yang lain, seperti cetak E-KTP, KK dan Akta tetap dilakukan,” terangnya.

Terhadap pelayanan, lanjutnya, sebagai upaya antisipasi sudah dibuatkan protap. Ruangan kantor disemprot disinfektan. Petugas juga sudah diberikan masker dan disediakan hand sanitizer. Pengunjung juga diimbau untuk mengatur jarak satu meter. Termasuk disemprotkan hand sanitizer. “Kita selalu imbau jaga jarak. Semua tempat disediakan hand sanitizer. Ada tempat cuci tangan,” jelasnya.

Adapun untuk jam kerja, saat ini sudah dikurangi. Pegawai bekerja dari pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita. Tetapi untuk pelayanan online tetap dibuka 24 jam melalui WhatsApp. Catatannya persyaratan terpenuhi. (ind)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional