Percepat Penataan Wilayah Kumuh di Lima Kelurahan

H. M. Kemal Islam. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Penataan kawasan kumuh di lima kelurahan di Kota Mataram diharapkan segera tereksekusi. Untuk itu Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Mataram bersama Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) menyempurnakan perencanaan dan desain program tersebut.

“Sekitar dua minggu lalu kami sudah menyempurnakan perencanaan dan desain programnya bersama BKM. Sudah kita diskusikan, supaya eksekusinya nanti bisa di Juni kira-kira,” ujar Kepala Disperkim Kota Mataram, H. M. Kemal Islam.

Iklan

Lima kelurahan yang mendapatkan suntikan dana pemerintah untuk penataan lingkungan tersebut antara lain Kelurahan Bertais, Kelurahan Babakan, Kelurahan Sayang-Sayang, Kelurahan Kekalik Jaya, dan Kelurahan Ampenan Utara. Masing-masing kelurahan diperkirakan mendapatkan anggaran hingga Rp2 miliar.

“Anggaran itu untuk penataan kawasan yang kumuh, jalan lingkungan, IPAL (instalasi pengolahan air limbah) komunal, dan semacamnya. Kita targetkan supaya bisa seperti yang di Kelurahan Dasan Cermen,” jelas Kemal.

Dengan konsep tersebut, maka 70 persen program penataan lingkungan menurutnya bersifat pembangunan fisik. Eksekusi program sendiri akan dilakukan oleh BKM secara swakelola.

Pihaknya juga menjadwalkan Walikota Mataram untuk melakukan peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembenahan wilayah di lima kelurahan tersebut. Bersamaan dengan penataan wilayah terdampak gempa di Kecamatan Sandubaya.

Penataan kawasan terdampak gempa sendiri disebut Kemal adalah program yang berbeda. Namun diharapkan dapat dieksekusi juga pada Juni mendatang. “Kalau yang itu anggarannya Rp27 miliar dari pemerintah pusat. Ada tendernya dulu, tapi kita harapkan peletakan batu pertamanya bisa bersamaan dengan program penataan lingkungan,” tandasnya. (bay)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional