Percepat Jabatan Akademik Dosen, Stikes Yarsi Mataram Gelar Bimtek

BIMTEK-Stikes Yarsi Mataram melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Usul Jabatan Akademik Dosen.

Mataram (Suara NTB) – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Yarsi Mataram melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Usul Jabatan Akademik Dosen. Kegiatan itu berlangsung selama tiga hari, pada Kamis, 9 Juli 2020 sampai dengan Senin, 13 Juli 2020 di Ruang Annaba Stikes Yarsi Mataram.

Kegiatan itu diikuti kurang lebih 30 peserta terdiri dari dosen dalam lingkup Stikes Yarsi Mataram. Peserta yakni dosen yang memiliki jabatan fungsional asisten ahli dan lektor untuk pengusulan ke jenjang lektor kepala dan lektor 200/300.

Iklan

Menurut Ketua Program Studi S1 Keperawatan Stikes Yarsi Mataram, Irwan Hadi,.Ns,.M.Kep., kegiatan itu adalah memfasilitasi dosen yang memiliki jabatan akademik asisten ahli dan lektor untuk segera mengusulkan jabatan akademik ke jenjang lebih tinggi. Juga memfasilitasi dosen yang ingin naik ke kepangkatan selanjutnya.

Pembukaan kegiatan dilaksanakan di Ruang Annaba Stikes Yarsi Mataram. Turut hadir pada pembukaan tersebut Para Wakil Ketua,  Kepala LPMI, KepalaLPPM, para Kepala Prodi dan Narasumber  Prof. Dr. Muhammad Tajudin, M.Si., selaku Tim Penilai PAK LLDIKTI 8 sekaligus Rektor Universitas Bumigora Mataram.

Ketua Stikes Yarsi Mataram yang diwakili Pembantu Ketua III Bagian Kemahasiswaan, Heri Bahtiar, S.Kep. Ners., MPH., dalam sambutannya mengatakan setelah dilakukan inventarisasi jabatan akademik cenderung stagnan. Dengan keprihatinan itu, maka menjadi kewajiban bagi Stikes Yarsi Mataram untuk memfasilitasi kegiatan Bimtek Penyusunan Jabatan Akademik.

Lebih lanjut ditambahkannya, sebagai seorang dosen, baru bisa diakui sebagai dosen apabila memiliki jabatan fungsional. Ia juga menyampaikan bahwa ada beberapa faktor yang harus dijaga agar Stikes Yarsi Mataram tetap terpercaya di lingkungan masyarakat di antaranya adalah sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM).

Lebih lanjut, ia mengatakan dengan kegiatan bimtek ini diharapkan SDM yang sudah memiliki jabatan akademik sebagai dosen di Stikes Yarsi Mataram tetap bisa eksis dan mempertahankan kualitasnya. “Diharapkan ke depan Stikes Yarsi Mataram mampu menjadi perguruan tinggi dengan jumlah lektor kepala terbanyak dan juga ada guru besar,” imbuhnya.

  SMKN 2 Gerung Produksi Massal ‘’Cold Storage’’

Stikes Yarsi Mataram saat ini masih membuka pendaftaran mahasiswa baru, baik kelas reguler maupun kelas alih jenjang dari D3 ke S1 maupun S1 ke Profesi Ners. Saat ini juga membuka program studi S1 Kebidanan.

Pendaftaran mahasiswa baru juga dapat dilakukan dari rumah dengan mengisi biodata di website pmb.stikesyarsimataram.ac.id. Selain itu Stikes Yarsi Mataram juga ditunjuk sebagai penerima Beasiswa KIP bagi calon mahasiswa tidak mampu sehingga menepis anggapan masyarakat bahwa Stikes Yarsi Mataram merupakan perguruan tinggi kesehatan yang mahal.  Heri Bahtiar juga membuka secara resmi kegiatan bimtek dan dilanjutkan dengan materi oleh narasumber dari Tim Penilai PAK LLDIKTI 8. (ron)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here