Perayaan Natal di Mataram Kondusif

Gubernur NTB H. Zulkieflimansyah bersama rombongan Forkopimda NTB dengan menerapkan protokol kesehatan mengunjungi salah satu gereja di Mataram yang menggelar Misa Natal, Kamis, 24 Desember 2020 .(Suara NTB/Humas Setda NTB)

Mataram (Suara NTB) -Perayaan Hari Raya Natal tahun 2020 di NTB berlangsung kondusif. Meskipun dihelat dalam masa pandemi Covid-19. Sejumlah kerawanan yang diprediksi terjadi dapat diminimalisir.
“Protokol kesehatan harus dijaga sehingga masyarakat juga selamat dari virus Corona,” kata Kapolda NTB Irjen Pol Mohammad Iqbal, Jumat, 25 Desember 2020.

Polda NTB mengerahkan ribuan personel dalam Operasi Lilin Gatarin 2020 dalam rangka pengamanan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Sebanyak 22 pos pengamanan dan 12 pos pelayanan didirikan untuk komando pengamanan. “Tujuannya meniadakan gangguan kamtibmas, meniadakan kerawanan kemacetan dan kecelakaan,” ucapnya.

Kondusifnya pelaksanaan ibadah Natal tahun ini, sambung dia, juga merupakan upaya bersama setiap elemen masyarakat. demikian juga dengan kehidupan toleransi beragama.

Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani mengatakan, pihaknya mengerahkan prajurit sampai ke desa-desa demi mendukung pengamanan ini. “Para Babinsa yang punya wilayah untuk bersinergi dengan bhabinkamtibmas maupun personel yang ada di pos pengamanan, “ujarnya.

Hal senada disampaikan Gubernur NTB Dr.H..Zulkieflimansyah yang juga ikut keliling bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi NTB berkeliling ke sejumlah gereja di Kota Mataram.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur yang populer disapa Bang Zul tersebut mengatakan dirinya hadir untuk ikut merasakan suka cita serta, ingin menjamin rasa aman kepada umat Kristiani (dalam) melaksanakan ibadah Natal dengan kenikmatan dan kekhusyukan, sehingga ibadah lancar.

Dengan kebersamaan, Bang Zul berharap bangsa Indonesia selalu dalam kedamaian dan meraih kemajuan. Hal itu pun terpatri dalam Pancasila yakni sila pertama ‘Ketuhanan yang Maha Esa’ dan sila ketiga ‘Persatuan Indonesia’.

Sementara di wilayah Kota Mataram, pelaksanaan ibadah Natal sesuai dengan penerapan protokol kesehatan. Hal itu tampak dalam pengecekan lapangan Kapolresta Mataram, Kombes Pol Guntur Herditrianto bersama Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh, pada Kamis, 24 Desember 2020.

Ahyar bersyukur dengan rangkaian pelaksanaan perayaan Natal yang berlangsung aman dan damai. “Pelaksanaannya sudah menerapkan protokol kesehatan. Semuanya pakai masker, ada pemeriksaan suhu tubuh, ada cuci tangannya, ada jaga jarak,’’ ujarnya.

Guntur menegaskan, pihaknya maksimal dalam mengerahkan pengamanan Natal kali ini. terlebih karena saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. Semuanya berjalan aman dan lancar,’’ terangnya.

Hal itu setelah rombongan mengunjungi sejumlah tempat ibadah umat Kristiani dan Katolik, di antaranya, Gereja Katolik Santa Maria Immaculata, Gereja GPIB Immanuel, dan Gereja Katolik Santo Antonius Padua Ampenan. (why/ham)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here